Ketua MRPB Sampaikan Pemenuhan Hak Politik ke Jokowi: Bupati-Wabup dan Walkot OAP

oleh -265 Dilihat

JAKARTA, PapuaStar.com- Enam Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) di tanah Papua menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (12/6/24).

Para pimpinan Lembaga Kultur itu menyampaikan sejumlah hal terkait perkembangan pembangunan serta mengusulkan sejumlah aspirasi masyarakat.

Ketua Majelis Rakyat Papua Barat, Judson Ferdinandus Waprak melalui sambungan telepon menyampaikan, ada sejumlah poin yang sampaikannya, antara lain tentang hak politik Orang Asli Papua (OAP).

Waprak meminta atas kesepakatan mewakili MRP se-tanah Papua agar Presiden Jokowi dan jajaran pemerintahan memperhatikan pemenuhan hak politik OAP dalam Pilkada 2024 mendatang. Hak politik itu, termasuk Bupati Wakil Bupati walikota wakil walikota harus OAP sesuai harapan orang Papua.

Ia mengaku, usulan serupa sebelumnya telah disepakati dalam pertemuan MRP se-tanah Papua dalam menyikapi dinamika dan situasi pemenuhan hak politik OAP yang menjadi pembahasan hangat, MRP se-tanah Papua bersama Fraksi Otonomi Khusus DPR Papua Barat dan kelompok khusus DPR Papua.

Tercatat sebanyak 9 point rekomendasi yang dihasilkan dan disepakati bersama.

“Kami minta Presiden soal pemenuhan hak politik OAP diperhatikan baik oleh negara. Kami apresiasi kunjungan pak Presiden 17 kali ke Papua yang dalam kacamata kami orang Papua, melihat bagaimana hati presiden untuk merangkul dan mengangkat martabat orang Papua menjadi anak-anak bangsa yang baik, semoga juga mendukung pemenuhan aspirasi kami. Kami ini Bhineka Tunggal Ika, kami adalah NKRI, kami sangat apresiasi jika usulan hak politik OAP ini dipenuhi,” Harap Waprak. (PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *