Koarmada III Kini Dilengkapi 2 Kapal Cepat : KRI KAPAK-625 dan KRI PANAH-626

oleh -2604 Dilihat

SORONG, PapuaStar.com – Kini Koarmada III dilengkapi dengan Kapal Cepat, KRI KAPAK-625 dan KRI PANAH-626 yang sandar di dermaga Koarmada lll Jl. Yos Sudarso Poros Katapop, Kelurahan Majener, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Jumat (25/08/2023).

Pangkoarmada III Laksda TNI Rachmad Jayadi, M.Tr. (Han). menyambut kedatangan Komandan beserta Prajurit KRI KAPAK-625 dan KRI PANAH-626 di Katapop Distrik Salawati, Kabupaten Sorong.

“Dengan kehadiran KRI KAPAK-625 dan KRI PANAH626 ini, diharapkan akan memperkuat Koarmada III sebagai unsur pelaksana KOARMADA RI dalam rangka penegakan kedaulatan dan pengendalian perairan yurisdiksi nasional,” tutur Rachmad Jayadi.

KRI KAPAK-625 dan KRI PANAH-626 merupakan kapal cepat rudal yang memiliki panjang keseluruhan 60 meter dengan lebar 8,10 meter serta tinggi 4,85 meter. Kapal perang ini mampu membawa muatan penuh 450 hingga 500 Ton dan memiliki jarak jelajah hingga 2.400 mil dan mampu mengangkut sebanyak 55 abk.

“Dimana kedua kapal tersebut telah sukses diuji kelayakan, diantaranya Harbour Acceptance Test (HAT), Sea Acceptance Test (SAT) dan Live Firing Test (LFT), secara umum, kcr 80 m kelima dan keenam ini berhasil melalui pengujian platform kapal hingga sistem persenjataannya,” terang Pangkoarmada III.

Pembuatan dan desain kapal ini dilakukan oleh industri dalam negeri yaitu PT. PAL serta telah diserahkan secara resmi oleh Menteri Pertahanan kepada TNI AL beberapa waktu yang lalu di PT. PAL Surabaya.

“Dikatakan Rachmad Jayadi, keberhasilan pelaksanaan tugas selain ditentukan oleh kehandalan alutsista juga harus ditunjang oleh profesionalisme prajurit sebagai pengawak yang mampu melaksanakan tugas peperangan di laut, serta memiliki standar kualitas kejuangan yang tinggi, dengan jiwa sapta marga dan nilai-nilai trisila TNI angkatan laut,” tandasnya.(PS-08).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *