Bupati Hermus : Jangan Ada Pegawai Pengangguran di Dinas, Hirarki Kepemimpinan Harus Berjalan Baik

oleh -155 Dilihat
Caption : Pimpinan OPD Pemkab Manokwari, Foto (PS-01)

MANOKWARI, PapuaStar.com – Bupati Manokwari Hermus Indou menyoroti kinerja aparatur sipil negara (ASN) disetiap organisasi perangkat daerah (OPD). Hal ini berkaitan dengan produktifitas kinerja yang efektif.

Dalam arahannya saat memimpin apel gabungan bahwasanya disiplin ASN dapat diukur dengan kehadiran di instansi masing-masing. Dengan demikian, ASN harus komitmen dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan atas dasar kesadaran diri. Sehingga tidak dikategorikan sebagai pegawai tanpa kerja alias pegawai pengangguran.

Untuk pelaksanaan itu semua, Bupati menegaskan kepada pimpinan OPD untuk secara hirarki melibatkan staf dalam setiap pekerjaan. Sebab tidak semua pekerjaan dapat dilaksanakan oleh pimpinan, melainkan kerjasama tim yang dibutuhkan sehingga terciptanya suasana kerja yang harmonis yang berdampak pada peningkatan kemampun ASN.

Caption : ASN Pemkab Manokwari

“Dia ke kantor tapi tidak ada aktivitas. Tidak ada tanggungjawab yang diberikan oleh pimpinan secara hiararki. Biasanya semua tugas di monopoli oleh kita sebagai pimpinan, seolah kita yang tahu bekerja. Tugas kepemimpinan kita disetiap dinas harus menjadi pemimpinan yang memberdayakan yaitu memberikan penguatan kapasitas kepada semua pegawai yang bekerja dengan kita.,” ungkap Hermus Indou, Senin (11/7/2022).

“Jika ada pekerjaan yang membutuhkan kerjasama, staf harus diajak berpartisipasi sehingga staf bisa belajar dan efektif dalam bekerja,” sambungnya.

Tidak hanya pimpinan OPD yang harus berperan aktif, namun para pegawai juga harus memiliki inisiatif untuk berkomunikasi dengan pimpinan, sehingga pembagian kerja dapat berjalan dengan baik. Bukan sebaliknya para staf dan pegawai mempertahankan ego dan gengsi terhadap pimpinan.

Hermus berpesan agar disetiap OPD dapat menunjukan kinerja yang efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Staf juga harus inisiatif untuk meminta petunjuk dari pimpinan. Jangan datang ke kantor kemudian tidak mau minta petunjuk dan berbuat seenaknya di kantor, karena nanti mengganggu psikis dari pimpinan. Supaya tugas-tugas pemerintahan ini bisa berjalan baik,” tutup Bupati Manokwari.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *