Delegasi Y20 di Manokwari Hijaukan Pulau Mansinam dan Tanam Terumbu Karang

oleh -214 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Sehari setelah tiba di Manokwari, provinsi Papua Barat dan mengikuti sejumlah kegiatan di hari pertama, puluhan delegasi Youth 20 (Y20) melanjutkan kegiatan di hari kedua yakni penanaman pohon di pulau peradaban orang asli Papua, pulau Mansinam, Sabtu (18/6/2022).

Sekira pukul 09.00 WIT puluhan delegasi lokal maupun manca negara bertolak dari pelabuhan Fasharkan TNI Angkatan Laut Manokwari. Panitia kemudian mempersiapkan sejumlah armada laut bekerja sama dengan Yayasan Anak Air Pulau Papua (YAAPP) serta cafe apung milik Fasharkan Manokwari.

Dalam pelayaran menuju pulau Mansinam, para delegasi yang menumpangi perahu Yayasan Anak Air Pulau Papua (YAAPP) disuguhkan dengan musik dan nyanyian tanah Papua. Tiba di pulau Mansinam, puluhan delegasi disambut tarian adat.

Setelah prosesi penjemputan, delegasi Y20 kemudian melakukan penanaman 50 pohon yang telah disediakan oleh panitia disepanjang jalan dalam pulau mansinam.

Tidak hanya mengikuti agenda Side Event Y20, para delegasi juga tidak ingin membuang kesempatan emas tersebut. Nampak para delegasi mengabadikan momen indah itu dengan berfoto-foto di beberapa lokasi di pulau Mansinam.

Usai kegiatan penanaman pohon di pulau Mansinam, delegasi Y20 bertolak menuju pulau Lemon untuk melaksanakan kegiatan penanaman 240 bibit terumbu karang jenis Acropora Brachii dan pelepasan tukik sebanyak 30 ekor, kerjasama dengan komunitas Ketapang Diving.

Nampak sejumlah armada TNI Polri juga dikerahkan untuk mengamankan laut selama pelaksanaan kunjungan delegasi Y20 ke pulau Mansinam dan pulau Lemon.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *