Disdukcapil Manokwari Jebol Perekaman Adminduk ke Pulau Mansinam dan Pulau Lemon

oleh -127 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Guna memastikan seluruh masyarakat memiliki dokumen kependudukan yang sah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) langsung melaksanakan aksi jemput bola (JEBOL). Kali ini Disdukcapil melakukan perekaman dokumen kependudukan berupa e-KTP dan Kartu Identitas Anak (KIA) di pulau Mansinam dan dan pulau Lemon.

Dari hasil survei perekaman dokumen kependudukan terdapat 121 masyarakat wajib KTP belum melakukan perekaman dan 308 anak yang juga belum memiliki KIA

“Program jemput bola ini dimulai Senin dan harusnya berakhir kemarin tapi kita perpanjangan sampai hari ini karena masih ada 36 anak yang belum melakukan perekaman KIA dan masih ada 80 orang belum merekam KTP elektronik,” pungkas Kepala Disdukcapil Rustam Efendi, Kamis (03/11/2022).

Dengan aksi jemput bola ini akan sangat membantu masyarakat di kedua pulau tersebut. Rustam menyebut kalau timnya akan memaksimalkan aksi jemput bola itu, karena selain jarak yang menyita waktu juga ada beberapa warga yang sakit lumpuh. Sehingga petugas terpaksa harus mendatangi rumah-rumah warga.

“Petugas kita sekitar 7 orang ada disana dan mereka juga akan datang langsung ke rumah warga karena ada dua hingga tiga orang yang mengalami kelumpuhan sehingga tidak bisa datang untuk melakukan perekaman KTP elektronik,” pungkasnya.

Aksi jemput bola yang dilaksanakan di pulau Mansinam dan Pulau Lemon ini rupanya tidak biasa-biasa saja. Namun aksi ini jika berhasil nantinya Disdukcapil Manokwari berencana akan menjadi pilot project kampung sadar administrasi kependudukan.

“Kita juga dihadirkan layanan penerbitan administrasi kependudukan lainnya seperti penerbitan akta perkawinan, akta kelahiran, dan akta kematian,” tutup Rustam.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *