Hengky Korwa Resmi Terpilih Sebagai Mananwir Byak Papua Barat Wambarek

oleh -99 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Hasil Musyawarah Besar Suku Byak di Papua Barat, yang pertama dilaksanakan selama tiga hari, di lakukan Rapat pleno hingga pada puncaknya proses pemilihan kepala suku Byak di Papua Barat, bertempat di Mansinam Beach Hotel Manokwari pada 11-13 Juni 2021.

Ketua Panitia Mubes Pertama suku Byak di Papua Barat, Filep Wamafma menuturkan, pemilihan dalam mubes itu dilakukan dengan sistem one man one vote, dan setiap Wilayah perwakilan 15 orang untuk melakukan pemilihan terhadap kepala suku Byak Papua Barat.

Ada tiga nama yang masuk mencalonkan diri dua orang dari Manokwari dan satu dari Sorong, mencalonkan diri sebagai kepala suku besar Byak di Papua Barat. Yaitu : 1) Hengky Korwa, 2) Petrus Makbon dan 3) Agustinus Sroyer. Dan pemenangnya adalah Hengky Korwa Mananwir dari Sorong menjadi kepala suku Byak wilayah provinsi Papua Barat atau Mananwir Byak Papua Bar Wambarek (bahasa Byak),” jelas Filep Wamafma kepada sejumlah wartawan di Mansinam Beach Hotel Manokwari, Senin (14/06/2021)

Kata Wamafma, Hengky Korwa sebelumnya menjabat sebagai ketua ikatan suku Byak di wilayah Sorong Raya kini terpilih sebagai Mananwir Byak Papua Bar Wambarek melalui proses demokrasi.

Hasil dari Mubes I Suku Byak Papua Barat ini, selanjutnya akan dilaporkan kepada kepala suku besar Byak (mananwir beba) Yan Pieter Yarangga di Biak Papua. Dengan dilaporkannya hasil Mubes untuk mendapatkan persetujuan atau pengesahan dari lembaga Dewan Adat Byak,” kata Ketua STIH Manokwari ini.

Mengingat struktur suku Byak secara hirarki adat tetap satu, dan berada di bawah kewenangan Dewan Adat Byak.

Setelah mendapat persetujuan dari Dewan Adat Byak, Hengky dan tim akan mengisi struktur organisasi di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota. Dan selanjutnya, Hengky Korwa akan dilantik pada bulan Juli 2021 mendatang,” jelas Filep Wamafma.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *