HUT ke-50, Basarnas Manokwari Gelar Donor Darah, 3 Kantong Langsung Dieksekusi Pasien

oleh -131 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manokwari selenggarakan kegiatan sosial “Donor Darah” dalam perayaan HUT Basarnas ke – 50 tahun pada 28 Februari 2022, di Aula Kasuari Basarnas Manokwari, Rabu (02/02/2022)

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia di lakukan secara virtual. Dibuka langsung oleh Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsdya TNI Henri Alfiandi.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari bekerja sama dengan PMI Manowkari turut mengundang potensi Sar yang ada di wilayah kerja Manokwari seperti TNI/POLRI, Orari, Senkom dan komunitas-komunitas lain turut serta berpartisipasi.

Kepala Kantor SAR Manokwari Monce Brury, S.IP mengatakan, melalui kegiatan ini donor darah selain menyehatkan kita kiranya bisa membantu masyarakat Manokwari khususnya yang membutuhkan darah.

“Target kami sebanyak 50 kantong darah sesuai dengan usia Basarnas yang ke 50 tahun, terima kasih kepada seluruh pihak dan keluarga besar Basarnas yang telah berpartisipasi mendonorkan darah dari potensi SAR yang turut hadir/terlibat dalam kegiatan donor darah ini,” tutur mantan Kakansar Timika, Provinsi Papua, kepada PapuaStar.com, di Aula Kasuari Basarnas Manokwari, Rabu (02/02/2022).

Lebih lanjut Monce Brury menjelaskan, dalam HUT Basarnas ke-50 tahun, mempunyai misi dukung untuk membantu peningkatan stok darah dan memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat yang sangat membutuhkan terutama donor darah dan semoga bermanfaat.

“Dikatakan sering kali terjadi, dalam grup-grub WhatsApp ada banyak orang meminta tolong mencari pendonor darah, karena stok darah habis. “Seperti tadi belum terlalu lama kegiatan donor darah berlangsung, sudah ada 3 kantong darah langsung di bawah PMI untuk dibawa ke Rumah Sakit (RS),” ucap Monce Brury.

Ia mengatakan melakukan donor darah rutin tidak hanya bisa membantu menyelamatkan nyawa. Donor darah rutin juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan diri sendiri.

“Sementara itu, jumlah kantong darah berhasil dikumpulkan sebanyak 35 kantong dan yang mendaftar untuk mendonorkan darah ada 70 orang. Kata Kepala Basarnas Manokwari, Semoga semakin banyak masyarakat yang tergerak hatinya untuk mendonorkan darahnya untuk menyelamatkan nyawa orang lain,” tandas Monce Brury.

Sebelumnya, Basarnas Manokwari telah melakukan aksi menanam pohon mangrove dan transplantasi terumbu karang bersama komunitas air yang ada di Manokwari di pulau Raimuti-Arfai dan selanjutnya akan dilaksanakan acara ucapan syukur HUT Basarnas ke-50 tahun.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *