KPU Manokwari Nyatakan Memenuhi Syarat 530 Daftar Calon Tetap

oleh -4391 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari gelar rapat pleno terbuka penetapan daftar calon tetap (DCT) anggota DPR Kabupaten Manokwari dalam pemilihan umum tahun 2024, di Aula Kantor KPU Manokwari, Jumat (3/11/2023).

Dipimpin Ketua KPU Manokwari Christine Ruth Rumkambu beserta 4 anggota komisioner dan sekertaris.

102 hari lagi menuju pemilihan umum (Pemilu) 14 Februari 2024 pemilu serentak pada dasar membentuk pemerintahan dari pusat hingga daerah,” tutur mantan anggota Komisioner Papua Barat, dalam sambutannya, di Aula KPU Manokwari, Jumat (03/11/2023).

Dikatakan Christine Rumkambu, dalam hal Meliputi pemilihan presiden, Anggota DPR dari pusat sampai daerah kemudian pemilihan anggota DPD.

“Tahapan pemilu Launching sejak 14 Juni 2022 pengajuan pendaftaran calon 1 Mei 2023. Kurang lebih 7 bulan pendaftaran bakal calon,” bebernya.

Pada 18 Agustus 2023 menetapkan daftar calon sementara, proses yang cukup panjang dengan  18 partai politik peserta pemilu beserta Bawaslu.

“Hingga hari ini masuk dalam tahapan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Manokwari 530 DCT yang terdiri dari 18 partai,” paparnya.

Dari daerah pemilihan (Dapil) 1 ada 178 DCT merebut 10 kursi, dapil 2 ada 123 orang merebut untuk 7 kursi, dapil 3 merebut 107 merebut 6 kursi dan dapil 4 ada 122 orang merebut 7 kursi anggota DPR Kabupaten Manokwari.

“Lanjut Christine Rumkambu menjelaskan, Pasca penetapan DCT selanjutnya berada pada 4 Agustus 2024, pengumuman melalui media cetak dan elektronik selama 1 hari,” jelasnya.

Sedangkan, ditanggal 4 Agustus Ketua KPU bersama devisi teknis penyelenggara akan membawa berita acara dan SK berada pada finalisasi bersama-sama KPU Pusat pada 5 Agustus, setelah itu kemudian tahapan selanjutnya percetakan surat suara.

“Setelah penetapan DCT ini, tahapan selanjutnya adalah kampanye, secara serentak bersama dengan pilpres kita akan kampanye serentak di 28 November 2023,” tegas Rumkambu.

Ditegaskan lagi mantan anggota komisioner Papua Barat ini, setelah penetapan DCT ini belum bisa dilakukan kampanye apapun.

“Ingat kampanye tanggal 28 November 2023 baru bisa di laksanakan, untuk itu 18 partai politik harus patuh aturan serta bersabar ada waktunya,” paparnya lagi.

Ada 75 hari atau 2.5 bulan itu adalah masa kampanye. Rapat koordinasi bersama akan dilakukan juknis, rapat jadwal kampanye dan sosialisasi serta sosialisasi dana kampanye lalui bersama.

“Christine Ruth Rumkambu berharap dan menjadi tujuan bersama kepada semua partai politik untuk bersama-sama terus menjaga ketertiban, damai dan keamanan,” tandasnya.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *