Musda I Pemuda Pemudi Key, Ini Pesan Kepala Suku dan Bupati Manokwari

oleh -113 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Dalam rangka menyusun program kerja dan memperkokoh sinergitas, pemuda pemudi Key Maluku Tenggara melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) pertama.

Bupati Manokwari dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Setda, Harjanto Ombesapu menekankan kepada pemuda pemudi Key yang ada di Kabupaten Manokwari agar lebih memperhatikan perkembangan dunia saat ini dengan segudang dinamikanya. Hal ini dipandang perlu agar organisasi yang baru akan dibentuk ini menjadi wadah diskusi, guna memantapkan dan memperkuat langkah organisasi kedepannya melalui program kerja.

“Berkembangnya dinamika organisasi biasanya selalu diikuti oleh meningkatnya tantangan. Oleh karena itu diperlukan suatu forum evaluasi terhadap program kerja serta merumuskan langkah penyempurnaan yang diperlukan untuk mengimbangi pesatnya perkembangan zaman dewasa ini,” ujar Ombesapu, Rabu (2/6/2021).

Organisasi kemasyarakat kata Harjanto, tidak hanya terfokus pada program kerja organisasi, namun juga pada skop yang lebih besar yakni kebijakan program pembangunan pemerintah daerah yang perlunya mendapat masukan dan dorongan serta dukungan dari berbagai organisasi masyarakat yang ada.

“Melalui momentum Musda ini, Pemuda Pemudi Key semakin meningkatkan kemampuan membangun komunikasi efektif dengan masyarakat maupun pemerintah daerah, sehingga semua program yang di jalankan organisasi seirama dengan kebijakan pemerintah daerah,” sebutnya lagi.

Sejalan dengan itu, Kepala Suku Key di Kabupaten Manokwari Moses Naraha mengingatkan bagi seluruh pemuda pemudi Key agar momentum Musyawarah Daerah satu ini dapat dijadikan sebagai wadah introspeksi diri sebagai generasi penerus, dengan selalu menjaga kelestarian akan budaya serta adat istiadat yang notabene menjadi pemersatu sejak datuk-datuk.

“Pola hidup kita bisa kita sesuaikan dengan zaman tetapi jati diri tidak boleh kita geser atau rubah. Untuk itu, kita jaga keutuhan jangan sampai tercerai berai. Untuk itu pesan saya, pencalonan nanti hindari pemilihan langsung dan gunakan cara musyawarah,” ungkap Moses.

Tidak jauh berbeda. Ketua Panitia, Welem Hendra Balubun juga dalam laporannya mengatakan bahwa ada 2 point penting dalam pelaksanaan Musyawarah Daerah kali ini yakni mempererat silaturahmi dan menjadikan pemuda pemudi Key sebagai objek pembaharuan terhadap seluruh kebijakan pemerintah daerah, melalui program kerja yang akan ditetap dalam Musda Pertama ini.

“Tujuan Musda ini adalah mempererat tali persaudaraan pemuda pemudi Key Kabupaten Manokwari dan mendorong pemuda pemudi Key sebagai motor penggerak pembangunan daerah,” terang Ketua Panitia.

Acara pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) I Pemuda Pemudi Key Kabupaten Manokwari, diakhiri dengan penampilan tarian kipas yang dibawakan oleh pemudi Key. (PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *