Pesan Wagub Lakotani, Bahas 5 Point Dalam Rakor Kesbangpol Se-Papua Barat

oleh -136 Dilihat

MANOKWARI,PapuaStar.com – Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani membuka rapat koordinasi Badan kesatuan bangsa dan politik Kabupaten se – Provinsi Papua Barat, bertemakan : sinkronisasi dan sinergitas tugas serta fungsi badan Kesbangpol, juga penguatan dan optimalisasi kelembagaan perangkat daerah, di Aston Niu Manokwari Hotel, Kamis 27 Mei 2021.

Untuk mencapai hasil maksimal sesuai dengan program dan kegiatan yang telah direncanakan dan mengacu pada visi dan misi gubernur Papua Barat, maka rapat koordinasi semacam ini sangatlah penting bahkan sukses tidaknya suatu kegiatan dipengaruhi oleh arah dan kebijakan baik jangka pendek , menengah maupun jangka panjang.

Disamping itu juga rapat koordinasi yang dimaksud dalam rangka sinergitas keselarasan tugas pokok dan fungsi Kesbangpol secara menyeluruh dan berkesinambungan mulai dari pusat, provinsi hingga kabupaten/kota di seluruh Indonesia,” tutur Lakotani dalam sambutannya, di Aston Niu Manokwari Hotel, Kamis (27/05/2021)

Mencermati kondisi dan perkembangan bangsa kita akhir-akhir ini banyak mengalami persoalan-persoalan yang antara lain kegiatan yang mengarah ke persatuan dan kesatuan bangsa oleh karena itu aparat kesbang diberi tanggung jawab sebagaimana garda terdepan melakukan langkah-langkah konkrit untuk memperkokoh nilai-nilai persatuan sebagai amanat pembukaan undang-undang dasar negara Republik Indonesia 1945 dapat kita wujudkan secara bersama dan mencari solusi penyelesaian masalah bagi persoalan kebangsaan.

Pada Tahun 2022 adalah momentum proses pemilihan anggota MPR periode Tahun 2022 sampai 2027 yang akan melibatkan aparat Kesbangpol sebagai fasilitator sosialisasi perdasus tentang pemilihan anggota MPR dan juga persiapan tahapan pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 hendak dipersiapkan lebih awal agar proses berjalan lebih lancar karena memerlukan energi ekstra untuk melahirkan pemimpin yang baik sebagaimana syarat kepemimpinan sehingga demokratisasi tidak hanya sebatas retorika saja, dalam pelayanan pemerintah, pelaksanaan pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan,” ungkapnya.

Dibutuhkan stabilitas politik ekonomi dan sosial kemasyarakatan pada suatu daerah karena akan ikut berpengaruh baik langsung maupun tidak langsung kepada daerah lain dan dampak luas bagi kelangsungan pembangunan di Indonesia khususnya di Papua Barat, untuk itu ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan dan dibahas dalam rapat ini antara lain : 1). memperhatikan surat Mendagri nomor 910/3037/polpum tanggal 28 April 2021 tentang dukungan anggaran sukses pemilu dan Pilkada tahun 2024.

2). Kesbangpol dalam menyusun program dan kegiatan harus memperhatikan tugas dan fungsi sesuai amanat peraturan yang terbaru antara lain Permendagri nomor 11 tahun 2019 tentang perangkat daerah yangKesbangpol dalam menyusun program dan kegiatan harus memperhatikan tugas dan fungsi sesuai amanat peraturan yang terbaru antara lain Permendagri nomor 11 tahun 2019 tentang perangkat daerah yang melaksanakan urusan pemerintah di bidang kesatuan bangsa dan politik

3). dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana nomor 2 diatas yang akan dituangkan dalam Perda atau perkada perlu adanya koordinasi tugas dimaksud antara bidang dalam Badan Kesbangpol kabupaten/kota maupun dengan bidang -bidang di Kesbangpol provinsi juga dengan Ditjen polpum Kemendagri sehingga tercipta sinergitas tugas dan fungsi badan Kesbangpol

4). selain itu tugas tugas Kesbangpol yang tidak kalah penting adalah bagaimana menjabarkan dan memaknai lebih lanjut 4 konsensus dasar berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, undang-undang 1945, bhinneka Tunggal Ika, negara kesatuan Republik Indonesia yang tidak bisa dipisahkan dari upaya kita dalam membangun pemahaman wawasan kebangsaan demi keutuhan NKRI.

5). saya berpesan kepada peserta rakor panitia dan narasumber agar memanfaatkan rapat koordinasi ini sebaik-baiknya dan akan menghasilkan gagasan gagasan serta rekomendasi bersama yang akan disampaikan kepada Bupati/walikota dan gubernur sebagai bahan pengambil kebijakan dan keputusan dalam memperkokoh negara kesatuan Republik Indonesia,” tandas Wagub.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *