PT.Pertamina EP Papua Field Hijaukan TWA Klamono dan Melepasliarkan 9 Hewan Endemik

oleh -177 Dilihat

KABUPATEN SORONG, PapuaStar.com – PT. Pertamina EP Papua Field melakukan penanaman 500 bibit pohon di Taman Wisata Alam (TWA) Klamono, Distrik Klamono, Jumat (25/11/2022). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari, realisasi program Coorporate Social Responsibility (CSR).

Yang mana kata Field Manager PT.Pertamina EP Papua Field Muslim Nugraha, bahwa kegiatan ini adalah tanggung jawab sosial dalam upaya melestarikan lingkungan, disamping aktivitas eksplorasi minyak dan gas (Migas).

“Pelestarian ini dengan harapan kelak anak cucu kita bisa ikut menikmati apa yang juga pernah kita nikmati. Jangan sampai flora fauna yang harusnya ada di sini punah begitu saja,” ungkap Muslim.

Muslim memastikan, kegiatan pelestarian lingkungan ini akan menjadi agenda tahunan, berkolaborasi dengan Health Safety Environment (HSE) dan para rekanan.

Caption Foto : Aksi Tanam 500 Pohon di Taman Wisata Alam (TWA) Klamono, oleh PT.Pertamina EP Papua Field.(PS-02)

Hal senada juga diungkapkan Kepala Bidang Teknis pada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) provinsi Papua Barat Tasliman.

Kata Tasliman, pelestarian lingkungan merupakan bagian dari budaya masyarakat Papua, bahkan sebagai ibu yang memberikan kehidupan.

“Hal terpenting dari pelestarian hutan ini nantinya sangat bermanfaat bagi masyarakat. Di samping itu hutan ini juga diharapkan memiliki fungsi hidrologis sebagai penyedia air,” terang Tasliman.

Adapun jenis pohon yang ditanam di TWA Klamono diantaranya Pinang Hutan, Matoa dan Merbau. Selain penanaman pohon, PT Pertamina EP Papua Field berkolaborasi dengan BBKSDA provinsi Papua Barat, melepasliarkan 9 ekor satwa endemik Papua diantaranya 7 ekor burung Nuri Kepala Hitam, 2 ekor burung Nuri Pelangi dan 1 ekor burung Nuri Bayan.

Dengan dilaksanakannya penanaman 500 pohon dan pelepasliaran satwa endemik, TWA Klamono diharapkan menjadi tujuan wisata di Distrik Klamono.(PS-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *