Sebagai Acuan Pembangunan Daerah, Pimpinan OPD Diminta Segera Menyusun Renstra dan Renja

oleh -164 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Manokwari yang dilaksanakan selama dua hari, resmi ditutup Sekretaris Daerah drg. Henri Sembiring, Selasa (12/4/2022).

Dalam sambutan Bupati Manokwari yang dibacakan Sekretaris Daerah drg. Henri Sembiring menegaskan bagi setiap pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) segera menyusun rencana strategi (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) sebagai acuan yang berorientasi pada sasaran pembangunan.

“Pembangunan yang kita laksanakan pada prinsipnya harus berorientasi sasaran, karena itu akan menjadi acuan terhadap arah pembangunan. Oleh karenanya penting bagi pimpinan OPD untuk menyusun rencana strategi dan rencana kerja,” tegas Sekda drg.Henri Sembiring.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa prioritas pembangunan daerah tahun 2023 diarahkan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia dibidang pendidikan, kesehatan, pembinaan penduduk miskin, penguatan ekonomi kreatif, pembinaan seni dan budaya, penguatan akses informasi serta pembinaan kesejahteraan masyarakat melalui kerjasama pihak ketiga serta didukung dengan infrastruktur yang memadai. Oleh karena itu diperlukan komitmen bersama setiap perangkat daerah untuk melaksanakannya.

“Saya mengajak kita tinggalkan ego sektoral, karena keberhasilan pembangunan memerlukan kerjasama dan partisipasi semua pihak,” sambungnya.

Disadari bahwa dalam perjalanannya setiap proses pembangunan pasti menemui berbagai permasalahan, namun dengan menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan serta pentingnya monitoring dan evaluasi akan mengarahkan proses secara bertahap untuk melakukan tindakan perbaikan, guna mencapai target sebagaimana yang telah dirumuskan bersama dalam Musrenbang hari ini.

“Semoga Musrenbang ini menjadi langkah awal kita untuk memulai sesuatu yang bermanfaat bagi pembangunan di daerah dalam rangka percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutup mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari itu.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *