Soal Pemekaran DOB, Bupati Hermus : Apapun Pemekarannya Kabupaten Induk Harus Tetap Hidup

oleh -162 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Pemerintah Kabupaten Manokwari tengah mengusulkan pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB) kepada pemerintah pusat. Usulan tersebut disampaikan dalam pertemuan yang digelar Senin 14 Februari 2022 kemarin dihadapan Wakil Ketua DPD RI.

Menanggapinya, Bupati Hermus Indou menjelaskan bahwa pemerintah daerah mengusulkan 2 wilayah untuk dimekarkan menjadi DOB masing-masing Kota Manokwari dan Manokwari Barat. Usulan ini Bupati optimis dapat diterima oleh pemerintah pusat dan kemudian dapat diwujudkan menjadi DOB.

“Proses itu kita sudah dorong sejak tahun 2014. Kemarin Komite I DPD RI datang kita juga sudah sampaikan aspirasi untuk pembentukan kota Manokwari maupun Manokwari Barat, supaya daerah otonomi baru ini bisa terwujud,” ungkap Hermus Indou, Selasa (15/2/2022).

Dalam prakteknya Hermus mengaku akan sangat maksimal dalam menentukan arah kebijakan pembangunan di berbagai segi, salah satunya peningkatan ekonomi daerah.

Sebab meskipun pemekaran dilakukan, namun daerah induk maupun daerah pemekaran harus tetap berkembang.

“Kedepan kita juga berhati-hati memikirkan kalau kota terbentuk, kabupaten Manokwari ini juga harus tetap hidup. Jangan sampai kita terbentuk lalu kabupaten Manokwari ekonominya menurun bahkan keuangannya tidak ada dan juga luas wilayah. Apalagi Manokwari Barat terbentuk lagi, ini luas wilayah hanya dari Warmare sampai Masni apakah ini bisa disetujui atau tidak,” terang Bupati.

“Apapun pemekaran, kita berharap daerah induk akan tetap hidup dan juga daerah baru harus sama-sama hidup,” tutup Hermus Indou.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *