Sosok Almarhum Jimmy D. Ijie, Bupati Hermus : Anak Papua Yang Luar Biasa

oleh -85 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Kepergian sosok Jimmy Demianus Ijie, menghadap sang khalik, rupanya meninggalkan banyak hal positif yang dikenang masyarakat bahkan tokoh intelektual di tanah Papua.

Salah satu anak Papua asal suku Arfak, Hermus Indou yang kini menjabat sebagai Bupati Manokwari menuturkan bahwa seorang Jimmy Demianus Ijie dikenal sebagai anak Papua yang memiliki kemampuan intelegensi yang mumpuni. Bahkan pada setiap pertemuan dan dialog yang dilakukannya dengan seluruh elemen, membuahkan hasil.

“Anak Papua yang luar biasa. Tuhan memberikan karunia kemampuan intelegensi yang cukup tinggi. Dia bisa berargumentasi dengan siapa saja secara logis dan rasional,” tutur Bupati Manokwari, Hermus Indou, Minggu (25/7/2021) usai menjemput Jenazah Almarhum di Bandar Udara Rendani Manokwari.

Dengan kemampuan intelegensi yang tinggi dan mumpuni, menghantarkan almarhum Jimmy Demianus Ijie sebagai anak Papua menduduki kursi DPR RI.

Semasa karirnya menjadi anggota DPR RI, almarhum Jimmy Demianus Ijie terkenal dengan ketegasannya dalam memperjuangkan hak-hak orang asli Papua. Selain itu, tokoh pemekaran Irian Jaya Barat kala itu, almarhum Demianus Ijie juga dikenal sebagai tokoh perjuangan dalam mempertahankan Papua sebagai bagian dari NKRI.

“Dia berjuang habis-habisan untuk membela bangsa dan negara dan mempertahankan Papua sebagai bagian tidak terpisahkan dari NKRI. Dan saya pikir Provinsi Papua Barat merupakan garda terdepan NKRI di tanah Papua,” terang Hermus Indou.

Almarhum Jimmy Demianus Ijie kata Hermus, kala itu bersama almarhum mantan Gubernur Papua Barat, Abraham Oktovianus Atururi, dan di dukung dengan timnya berhasil memperjuangkan pemekaran provinsi Irian Jaya Barat yang saat ini menjadi provinsi Papua Barat, berdiri kokoh dan mandiri, bahkan telah menjadi salah satu provinsi yang dianggap menjadi berkat bagi banyak orang.

“Beliau bersama-sama dengan bapak Bram sudah mempertaruhkan segalanya dan hari ini Provinsi Papua Barat sudah menjadi berkat bagi banyak orang,” tutup Bupati.

Sebelumnya, almarhum Jimmy Demianus Ijie tutup usia pada Jumat 23 Juli 2021 lalu, di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Wahidin Sudirohusodo, Jl. Kemerdekaan, Makassar, Sulawesi Selatan. Kini mendiang Jimmy Demianus Ijie, di semayamkan di rumah duka yang beralamat di komplek Arowi, Distrik Manokwari Timur.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *