500 Personel TNI-Polri Gabungan Amankan KBMAP ke-IV di Kaimana

oleh -94 Dilihat

KAIMANA, PapuaStar.com – Bupati Kaimana Fredy Thie pimpin apel gelar pasukan sebanyak 500 personel, dalam rangka pengamanan giat Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua Ke Empat (KBMAP KE IV) Dewan Adat Daerah Kaimana, di Stadion Triton Jalan Utarom Kaimana, Sabtu (23/10/2021).

Peserta upacara gabungan terdiri dari : TNI / Polri, Subden POM-AD, Kodim 1804 Kaimana, Yonif 764 / IB, Posal 1 Regu, Sat Sabhara Polres Kaimana, Sat Lantas Polres Kaimana, Gabungan Staf, Gabung Res, Intel dan Narkoba Polres Kaimana , Sat Pol PP Kaimana, Basarnas, BPBD, Senkom, Rapi/Orari dan Saka Bhayangkara.

Selaku pemimpin apel gelar pasukan adalah Bupati Kaimana, Fredy Thie mengatakan, bahwa penyelenggaraan apel gelar pasukan pada hari ini sebagai bentuk kesiapan pengamanan dan partisipasi kita dalam acara Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua ke-IV untuk mewujudkan keamanan di wilayah Kabupaten Kaimana.

“Sebagaimana kita ketahui bersama acara tersebut merupakan pertama kalinya diselenggarakan di Kabupaten Kaimana dan akan dihadiri oleh pejabat tingkat daerah dan nasional,” tutur Bupati Kaimana dalam sambutannya, di Stadion Triton Jalan Utarom Kaimana, Sabtu (23/10/2021).

Untuk itu perlu disiapkan segala sesuatunya dengan baik apabila acara ini dapat berlangsung dengan aman damai dan sukses. Tentunya akan menjadi sebuah kebanggaan untuk kita dan mampu mengangkat nama baik Kabupaten Kaimana di tingkat provinsi maupun nasional.

“Peserta gelar pasukan yang terlibat pada hari ini sebagaimana kita ketahui sampai dengan hari ini masih menghadapi situasi pandemi Covid-19 keadaan ini harus dihadapi bersama-sama dan saling membantu satu sama lain, untuk itu acara Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua ke-IV di Kaimana dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya

Saya berharap dalam penyelenggaraan acara Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua ke-IV, agar para hadirin undangan dan peserta gelar pasukan yang terlibat dapat membantu saya untuk mewujudkan situasi yang aman, damai dan kondusif demi kelancaran dan kesuksesan acara besar tersebut.

“Usai apel gelar pasukan, diilanjutkan dengan penandatangan komitmen bersama” mewujudkan situasi aman damai dan patuh hukum dalam penyelenggaraan Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua ke-IV di Kab. Kaimana.

Sementara itu, Kapolres Kaimana AKBP I Ketut Widiarta menuturkan, Kegiatan KBMAP ke-IV selama 8 hari, dihadiri berkisar 250 orang dan perwakilan yang hadir 20 orang dari setiap kabupaten di provinsi Papua Barat, Namun dilihat tamu dan undangan lebih dari itu yang hadir.

“Dikatakan, sebelum H-3 sudah dilakukan patroli gabungan, penertiban kendaraan dan razia senjata tajam ada beberapa membawa sajam yang merupakan alat tradisional di Kaimana. Dan pasca kegiatan tetap dilaksanakan patroli gabungan hingga H+2,” ucapnya kepada PapuaStar.com melalui telepon selulernya, Minggu 24 Oktober 2021.

Lebih lanjut Kapolres Kaimana mengimbau, agar masyarakat jangan membawa sajam tradisional, lebih baik tinggalkan dirumah agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

“Widiarta menambahkan, bagi warga yang mengikuti kegiatan KBMAP ke-IV selama berada di Kaimana turut serta menjaga ketertiban, keamanan dan kelancaran selama kegiatan berlangsung, serta tetap menjaga prokes Covid-19, walaupun sudah dilevel 2 utamakan gunakan masker, jaga jarak dan jaga kesehatan di mana pun berada,” terang I Ketut Widiarta.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *