Adanya Kolaborasi Bersama Perbankan, PJ.Gubernur Waterpauw : Menunjang Kemajuan UMKM di Papua Barat

oleh -107 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw memborong produk lokal pada hari terakhir event Cultural Exhibition. Kegiatan dalam mensukseskan side event W20 diprakarsai oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat bersama pelaku UMKM.

Pj.Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs.Paulus Waterpauw M.Si menegaskan, Presiden mengharuskan pemerintah daerah bertanggungjawab mendorong pertumbuhan UMKM. Tindakan nyata dengan membeli produk lokal memberi contoh keseriusan.

“Sekarang ini menjadi harapan besar Pak Presiden untuk kita pemerintah daerah itu harus melihat dengan sungguh tentang pertumbuhan UMKM. Jadi tadi saya dari satu stand ke stand lain harus berkomitmen untuk berikan support sebenarnya,” jelas Paulus Waterpauw, Sabtu (11/6/2022) pada salah satu pusat perbelanjaan.

“Nilai belanja tidak banyak tapi saya bagaimana menggunakan QRIS yang saat ini sementara dipromosikan oleh pemerintah khususnya Bank Indonesia,” sambungannya.

Tidak hanya sendiri, keikutsertaan sejumlah pimpinan OPD juga akan berdampak positif memberikan dukungan pertumbuhan UMKM di Papua Barat. Selain itu Presiden juga berpesan terkait produk tidak semestinya memenuhi standar SNI, melainkan lebih kepada menjaga kualitas produk.

Aspek lain dalam menunjang kemajuan UMKM di Papua Barat wajib adanya kolaborasi dengan perbankan, baik Bank Indonesia, Bank daerah serta lainnya.

“Kata Presiden dalam mendukung UMKM akan dimasukkan dalam E-katalog lokal dan diingatkan tidak harus mengikuti ketentuan SNI tetapi itu kewajiban bagi kami untuk berkolaborasi bersama yang penting mengupayakan mutu dari produk lokal itu sendiri.

Sebagai penjaga Gubernur memaknai kebijakan negara dan dorongan moril kepada pelaku usaha. Biarkan mereka tumbuh,” urai Waterpauw. “Saya dengar juga berkaitan dengan kehalalan akan kolaborasi bersama,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov Papua Barat turut mengambil bagian dalam transaksi pembelian produk lokal.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *