Akan Miliki 402 Kios dan 750 Los Tampilan Pasar Sanggeng Baru Mirip Mall

oleh -484 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Rencana pembangunan pasar sanggeng yang baru rupanya akan menjadi icon kota Manokwari bagi seluruh masyarakat. Tampak rencana bangunan berlantai 4 itu tidak main-main, namun akan berpenampilan mewah dan menarik.

Hal itu dibeberkan Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum kabupaten Manokwari Aser Karubaba.

Aser menjelaskan pembangunan pasar sentral Sanggeng berdiri diatas tanah seluas 11.563 m2, dengan luas rencana bangunan sebesar 23.121 m2. Dengan luas rencana bangunan tersebut, pasar Sanggeng yang baru akan didirikan sedikitnya 402 kios yang tersebar dalam 750 los.

“Jadi nanti di lantai satu itu akan digunakan untuk pedagang sayur mayur, selanjutnya akan dibagi kepada pedagang lain. Secara keseluruhan ada 402 kios dan 750 los,” beber Aser Karubaba, Jumat (9/6/2022).

Pasar sentral Sanggeng yang baru juga akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung lain seperti toilet di masing-masing lantai, klinik kesehatan, parkiran yang memadai, pos keamanan dan penyediaan air bersih. Fasilitas pendukung lainnya yakni akses lalulintas dalam gedung yang dirancang menggunakan eskalator.

Aser memastikan bahwa rencana pembangunan pasar sanggeng tidak serta merta dibangun begitu saja, namun telah melewati proses koordinasi yang matang terutama mengenai lingkungan.

“Untuk akses dalam bangunan ini, kita desain selain tangga ada juga eskalator. Sarana pendukung yang akan dibangun adalah pos kesehatan/klinik, tempat pembuangan sampah sementara, parkiran, pemasangan paving, pos keamanan dan tempat pengadaan air bersih,” terangnya.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *