Akui Keterbatasan Oksigen, Parorongan Minta Penyedia Tingkatkan Produksi

oleh -93 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Ketersediaan oksigen bagi pasien Covid-19 di Papua Barat kini mulai menipis. Berbagai upaya terus dilakukan guna memenuhi kebutuhan oksigen, mengingat angka kasus Covid-19 semakin meningkat dari hari ke hari.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Otto Parorongan mengatakan ketersediaan oksigen saat ini menjadi keluhan masyarakat,apalagi dalam masa Pandemi, tentu menjadi target bagi seluruh rumah sakit dan fasilitas kesehatan untuk dapat menyediakan oksigen.

“Ketersediaan oksigen selama ini memang dikeluhkan masyarakat. Tetapi teman-teman di rumah sakit berupaya keras untuk menyiapkan terutama bagi pasien yang sangat membutuhkan,” ungkap Parorongan, Kamis (08/7/2021).

Ketersediaan oksigen hampir di seluruh wilayah ini kata Otto, disebabkan oleh produksi oksigen yang menipis dari pihak penyedia, sehingga berdampak pada penyaluran ke daerah juga berkurang.

“Sejauh ini produksi oksigen juga terbatas. Kita juga minta ke penyedia untuk meningkatkan produksi secara maksimal, sehingga kita mendapat pasokan yang banyak,” tambah Otto.

Meski begitu, Parorongan membenarkan jika hampir seluruh rumah sakit sudah melakukan kerja sama dengan pihak penyedia dari luar Papua Barat, guna menstabilkan ketersediaan oksigen khususnya di fasilitas kesehatan.

“Rata-rata rumah sakit sudah lakukan kerjasama dengan perusahan dari luar, tapi memang kapasitas produksi yang terbatas sehingga berdampak pada ketersediaan juga terbatas,” tutupnya. (PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *