Ancaman Covid Semakin Ganas : Pangdam, Kapolda dan Gubernur Perketat Prokes di Bandara dan Pelabuhan

oleh -136 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing bersama Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan, melakukan peninjauan penerapan protokol kesehatan (Prokes) di Bandara Rendani dan Pelabuhan Manokwari, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Selasa (29/06/2021).

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan, peninjauan yang dilaksanakan hari ini, karena melihat situasi dua minggu terakhir perkembangan virus Covid-19 meningkat di wilayah Papua Barat.

Dan mengecek penerapan prokes masyarakat di wilayah Manokwari. Peninjauan dititik beratkan pada fasilitas umum bandara dan Pelabuhan, dimana banyak masyarakat keluar masuk wilayah Manokwari,” tutur Kepala suku besar Arfak ini.

Kepala Dinas kesehatan Provinsi Papua Barat Otto Parorongan menuturkan, saat ini kita meninjau, memantau dan mengamati keadaan di sekitar bandara dan di pelabuhan Manokwari karena dalam dua minggu terakhir perkembangan kasus Covid-19 di wilayah Papua Barat naik secara signifikan.

“Kenaikan itu diduga banyak berasal dari riwayat perjalanan dari luar Provinsi Papua Barat, dimana pergerakan manusia dari tempat yang satu ke tempat yang lain dan melalui pintu masuk bandara dan pelabuhan laut virus Covid-19 kembali merebak,” imbuhnya.

Oleh karena itu, kami meninjau bersama bapak Panglima, Kapolda dan Gubernur untuk melakukan langkah-langkah pencegahan masuknya virus atau Covid-19 di wilayah Papua Barat khususnya di Manokwari.

“Lebih lanjut ia menyampaikan setelah kegiatan peninjauan hari ini akan dilaksanakan rapat kerja terkait kebijakan yang akan ditentukan sebagai Langkah antisipasi pencegahan penyebaran virus Covid-19 di wilayah Manokwari pada besok Rabu 30 Juni 2021,” bebernya.

Sementara itu, Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa mengingatkan, agar masyarakat lebih mendisplinkan diri sendiri keluar dari rumah kenakan dobel masker senyaman mungkin.

“Diharapkan protokol kesehatan harus selalu tetap dilaksanakan secara ketat jangan sampai kendor, jangan lalai sehingga kita semua bisa sehat dan bisa beraktivitas seperti biasa,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing menuturkan, hari ini dilakukan pengecekan pelaksanaan Operasi Yustisi, bertujuan untuk penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian virus Covid-19.

Kapolda juga berharap masyarakat selalu melaksanakan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Untuk memastikan setiap masyarakat yang bergerombol dapat berikan pemahaman dan teguran agar dimengerti virus ini semakin menggila maka harus selalu mengunakan masker apapun aktivitasnya, sayangi keluarga dan orang sekitar kita, “ko jaga sa… sa jaga ko,” ucap Sihombing.(rls/PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *