Basarnas Manokwari Latihan Meningkatkan Kemampuan Respon Time Korban Gempa

oleh -88 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo Membuka rapat koordinasi dan latihan SAR Gempa gabungan tahun 2021, di Aston Niu Hotel Manokwari, Senin 28 Juni 2021.

Beberapa pekan belakangan ini gempa cukup sering terjadi, baik di Papua Barat maupun di luar wilayah papua barat. Cukup banyak sesar atau lempengan bumi yang cukup rentan dan kapan pun bisa bergeser dan mengakibatkan gempa bumi,” ucap Edi Budoyo, di Aston Niu Hotel Manokwari, Senin (28/06/2021)

Gempa berkekuatan sedang hingga cukup intensif gempa terjadi di wilayah Manokwari Selatan, Sorong dan Manokwari sehingga dapat mengakibatkan korban jiwa. Kerawanan ini harus diantisipasi dengan penyediaan layanan pencarian dan pertolongan (SAR).

Menurut Budoyo, sudah tepat dilakukan peningkatan kemampuan personil SAR salah satunya melalui rapat koordinasi dan latihan SAR gabungan. Yang melibatkan antar kantor SAR dan instansi-instansi potensi SAR yang ada di Provinsi Papua Barat khususnya daerah Manokwari,” ujarnya.

Dengan melibatkan instansi berpotensi SAR, maka operasi SAR dapat dilaksanakan secara terkoordinasi dan terencana, sehingga terbangun kesamaan langkah dalam penyelenggaraan operasi yang terpadu dan komprehensif.

Dalam menyikapi tuntutan pelayanan SAR yang semakin tinggi maka badan nasional pencariaan dan pertolongan berupaya untuk membenahi diri dari waktu ke waktu. Sesuai dengan perkembangan yang ada dan terjadi,” ucapnya.

Pembenahan-pembenahan yang perlu dikembangkan meliputi 4 (empat) pilar pokok penunjang operasi sar yang meliputi peningkatan kompetensi atau kemampuan personil, peningkatan sarana dan prasana sar, koordinasi yang mantap dengan potensi SAR yang ada di daerah serta manajemen operasi sar yang efektif.

Semua itu dilakukan dalam upaya mempercepat response time, sehingga diharapkan korban bencana gempa bumi lebih banyak yang terselamatkan,” Kata Budoyo.

Saya sepakat atas dipilihnya tema rapat koordinasi dan latihan SAR gabungan bersama potensi pencarian dan pertolongan Manokwari, “melalui rapat koordinasi dan latihan SAR gabungan tahun 2021 kita tingkatkan pelayanan SAR dan kemampuan teknis operasi SAR pada bencana gempa bumi di kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat.

Kemampuan teknis dimaksud dicapai melalui upaya penguatan koordinasi yang saat ini sudah terjalin sangat baik antara kantor pencarian dan pertolongan manokwari dengan para potensi sar di provinsi papua barat,” terang Budoyo.

Koordinasi juga digunakan sebagai forum komunikasi serta gambar saling berinteraksi untuk membahas berbagai permasalahan strategis yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas-tugas pencarian dan pertolongan serta penyelamatan khususnya dalam bencana gempa bumi.

Terpenting Koordinasi marilah kita bersama-sama menunjukkan kepada masyarakat bahwa badan nasional pencarian dan pertolongan senantiasa bekerjasama dan berkoordinasi secara baik sehingga pelaksanaan operasi SAR dapat berjalan seperti yang diharapkan walaupun masih terdapat kekurangan,” kata Edi Budoyo.

Namun kekurangan tersebut akan menjadi bahan koreksi dan perbaikan untuk operasi SAR yang akan datang. Hal tersebut perlu mendapatkan perhatian yang serius bagi segenap insan sar untuk selalu bersiap diri agar dapat memberikan pelayanan SAR secara profesional, responsif, cepat, handal, dan aman sebagai bagian dari penyelamatan dan pencegahan korban manusia sesuai amanah uud 1945 melindungi segenap bangsa indonesia serta seluruh tumpah darah indonesia dan kewajiban negara untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan sesuai uu no 29 tahun 2014.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *