BI Papua Barat, Festival Ecotourism Awal Tonggak Memajukan Langkah Pembangunan Pariwisata

oleh -203 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Bank Indonesia ( BI ) perwakilan Papua Barat menggelar Festival Ecotourism 2022 yang mengusung Tema ” Membangun Investasi Ecotourism Papua Barat yang berkelanjutan ”

Kegiatan Festival Ecotourism yang dijadiri Forkopimda Papua Barat dan pelaku UMKM Kabupaten Manokwari terpusat di Studio 1 XXI Manokwari Center Mall, Kamis (29/09/2022).

Caption : Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat Rommy S Tamawiwy/ PapuaStar.com (PS-08)

“Festival ecotourism adalah sebuah rangkaian kegiatan yang terangkai komprehensif, dan ini ada di dalam mimpi kita semua bahwa ketika hari ini boleh terjadi dan continue, maka harus kita jaga dan bukan terletak pada satu instansi, atau dua instansi tetapi terletak pada kita semua,” kata Kepala BI perwakilan Papua Barat Rommy S Tamawiwy dalam sambutannya.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan desiminasi laporan perekonomian Provinsi Papua Barat dan juga temu responden 2022, ini adalah sebuah tanda Sinergi dan kolaborasi.

Caption Foto : Forkopimda Papua Barat, Kepala-kepala OPD, Pelaku Usaha dan pelaku pariwisata Foto Bersama/ PapuaStar.com (PS-08)

Pasalnya, kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, dimana mulai hari ini sampai tanggal 1 Oktober merupakan momen yang luar biasa, dimana momen tanggal 1 Oktober merupakan momen Patriotisme dan momen kepahlawanan, sehingga diharapkan semangat Patriotisme semangat kepahlawanan ini menjadi aura kita untuk bekerja sama, kolaborasi, sinergi untuk berdampak dahsyat bagi tanah Papua Barat.

“Saya harap Festival Ecotourism menjadi sebuah stimulus dalam memberikan pemahaman, mendorong tumbuhnya investasi di bidang ecotourism dan Papua Barat dari sisi kebutuhan dan tantangan, serta menguatkan komitmen bersama setiap stakholder terkait untuk mengimplementasikan ecotourism berdasarkan prinsip pariwisata yang berwawasan lingkungan, berbasis konservasi, serta dapat menumbuhkan nilai sosial dan budaya sebuah kekayaan dan kearifan lokal yang harus kita perjuangkan, tumbuh kembangkan tetapi juga sebagai sarana edukasi dan literasi,” harapnya.

Rommy menyatakan, Bank Indonesia Provinsi Papua Barat membuka pintunya untuk siap berkolaborasi Sinergi dengan semua pihak di tanah ini untuk satu niat Mulia, Tanah ini harus maju.

Hal ini sejalan dengan upaya mewujudkan Papua Barat sebagai destinasi ecotourism, dengan investasi hijau yang berpedoman pada prinsip pembangunan berkelanjutan yang inklusif, dan didorong oleh pemerintah baik pemerintah Provinsi maupun Pemerintah kabupaten/kota se Provinsi Papua Barat

“Kegiatan hari ini menjadi sebuah awal kita bersama dan tonggak penanda bagi kita untuk memajukan sektor ecotourism sebagai langkah pembangunan pariwisata yang berkelanjutan dan inklusif untuk Provinsi Papua Barat. Sebab, pariwisata menjadi unggulan di tanah ini dan masih ada banyak potensi-potensi pariwisata yang perlu dikembangkan oleh kita semua,” tandasnya.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *