Bupati Hermus Indou Tekankan Lima Point’ ini, Dalam Musrenbang RKPD Tahun 2022

oleh -140 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Dengan mengusung tema Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) Yang Berkualitas Untuk Menunjang Optimalisasi Pertumbuhan Ekonomi, Bupati Manokwari Hermus Indou didampingi Wakil Bupati Edi Budoyo dan Wakil Ketua DPRD Manokwari Bons Rumruren secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2022.

Bupati Manokwari Hermus Indou dalam sambutannya mengatakan bahwa tema pembangunan di tahun 2023 mendatang akan lebih difokuskan pada penguatan sumber daya manusia (SDM) Yang berkualitas untuk menunjang optimalisasi pertumbuhan ekonomi. Melalui tema pembangunan tersebut tentunya akan mencakup keseluruhan aspek pembangunan yang telah tertuang dalam visi dan misi 5 tahun kepemimpinannya.

“Prioritas pembangunan di tahun 2023 diarahkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dibidang pendidikan, kesehatan, pembinaan, penduduk miskin, penguatan ekonomi kreatif, pembinaan seni dan budaya, penguatan akses informasi serta pembinaan masyarakat melalui kerja sama yang didukung oleh infrastruktur yang memadai,” ungkap Hermus Indou, Senin (11/4/2022)

Lebih dari pada itu konektifitas yang menguntungkan wilayah antar distrik dalam rangka peningkatan pangan dan wisata serta lingkungan, menjadi prioritas dalam pembangunan ditahun 2023 mendatang. Selain itu rehabilitasi ruang kelas, pengadaan meubeler, bantuan seragam SD dan SMP serta kartu pintar. Indikator lain adalah peningkatan sarana dan prasarana kesehatan dan BPJS kesehatan. Penyediaan infrastruktur pertanian, pangan, pengembangan ekonomi hijau, pelatihan pelaku usaha, bantuan modal bergulir, BPJS ketenagakerjaan, pemberdayaan lansia dan penyandang disabilitas juga menjadi faktor utama.

“Saya tekankan ada 5 point’ utama dalam Musrenbang kali ini diantaranya pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi kesejahteraan sosial dan pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan stunting,” tandasnya.

Meski begitu, Bupati menilai bahwa keterlibatan masyarakat dan Stakholder terkait sangat berperan penting dalam hal sinergitas program pembangunan tahun 2023.

Dirinya lalu meminta pihak legislatif dapat menuangkan pokok pikiran dalam Musrenbang tahun 2022 ini sehingga dokumen RKPD yang dihasilkan nantinya tetap mengarah pada dokumen RPJMD tahun 2021-2026.

“Melalui proses penjaringan aspirasi melalui Musrenbang kampung hingga Musrenbang nasional,” pungkas Bupati

Diakhir sambutannya Bupati berpesan kepada pimpinan OPD agar mengoptimalkan perencanaan dan pemanfaatan anggaran pembangunan secara efektif dan efisien, transparan serta akuntabel sehingga pembangunan dapat mencapai sasaran.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *