Ciptakan Pendidikan Politik, Pemprov PB Bantu Keuangan 11 Parpol

oleh -108 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Pemerintah Provinsi Papua Barat memberikan bantuan keuangan kepada 11 partai politik dengan jumlah sebesar Rp. 1.663.821.258 miliar, dilakukan penandatanganan berita acara, di Aston Niu Hotel Manokwari, Jumat (20/08/2021)

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan, ini semua guna menjamin terlaksananya pendidikan politik kepada masyarakat, maka pemerintah memberikan bantuan keuangan partai politik.

Sebagaimana telah diamanatkan dalam undang-undang partai politik dan peraturan pemerintah tentang bantuan keuangan partai politik,” ucap kepala suku besar Arfak dalam sambutannya, di Aston Niu Hotel Manokwari, Jumat (20/08/2021)

Lebih lanjut Gubernur Dominggus Mandacan menjelaskan, bantuan keuangan partai politik bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara/anggaran pendapatan dan belanja daerah yang diberikan secara proporsional kepada partai politik yang mendapatkan kursi di dewan perwakilan rakyat, DPR Provinsi Papua Barat dan DPRD kabupaten/kota dan penghitungannya berdasarkan jumlah perolehan suara.

Partai politik yang mendapat kursi pada dewan perwakilan rakyat Papua Barat sesuai dengan hasil pemilu 2019 sebanyak 11 partai politik dengan nilai total sebesar rp. 1.663.821.258,- (satu milyar enam ratus enam puluh tiga juta delapan ratus dua puluh satu ribu dua ratus lima puluh delapan rupiah) yang digunakan untuk menunjang kegiatan pendidikan politik dan operasional sekretariat,” jelas Ketua DPW Nasdem Papua Barat.

Gubernur Papua Barat mengingat kepada 11 partai, perlu diperhatikan bersama yaitu : batas waktu pertanggung jawaban penggunaan dana adalah paling lambat 1 bulan setelah tahun anggaran berakhir (akhir januari).

Jika pertanggungjawaban belum disampaikan, maka pengajuan bantuan tahun berikutnya tidak dapat diajukan sampai ada laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK RI,” ungkap mantan Bupati Manokwari Dua Periode ini.

Ia menambahkan, sebagaimana kita ketahui bersama pada tahun 2024 yang akan datang, akan dilakukan pelaksanaan pemilu dan pemilukada serentak, untuk itu mari kita persiapkan sedini mungkin, agar pelaksanaan nanti berjalan baik, aman dan lancar.(rls/PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *