Dengan Digitalisasi, Pelayanan RS-AL Manokwari Sudah Terapkan Antrean Online

oleh -340 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan (Dirjampelkes) BPJS Kesehatan, Lily Kresnowati melakukan supervisi ke fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr. Azhar Zahir, Selasa (21/02/2022).

Supervisi bertujuan untuk memastikan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS berjalan lancar sesuai standar mutu layanan yang berlaku di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Dalam kunjungannya ke RS-AL dr. Azhar Zahir, untuk memastikan implementasi sistem antrean online. Lily mengatakan antrean online merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanan Program JKN-KIS.

 

“Adanya sistem antrean online ini bertujuan untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi pasien JKN-KIS yang akan berobat di fasilitas kesehatan dengan memberikan informasi dan estimasi waktu tunggu yang lebih pasti kepada pasien sehingga pasien dapat memperkirakan waktu datang ke fasilitas kesehatan, antrian online tersebut juga sudah terintegrasi pada aplikasi Mobile JKN,” tutur Lily dalam kunjungan supervisinya.

Lily mengapresiasi RS-AL yang telah memberikan pelayanan yang baik kepada peserta JKN-KIS dan menjalin kerjasama yang baik selama menjadi faskes mitra dengan BPJS Kesehatan. Ia juga berharap untuk kedepannya faskes daerah timur dapat menjalankan digitalisasi dengan lancar guna memudahkan pelayanan.

“Harapannya rumah sakit dapat memperkirakan jumlah pasien yang akan periksa sesuai data berapa yang bisa dilihat dari antrian sehingga rumah sakit dapat mengalokasikan waktu sesuai dengan antriannya. 

Mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar dan masyarakat juga membiasakan dengan antrian online. Kami juga berharap di daerah timur ini kalau sudah bisa jalan digitalisasinya nanti akan lebih mudah pelayanannya,” tambah Lily.

Lily juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada faskes-faskes mitra BPJS Kesehatan yang sudah memberikan layanan peserta JKN-KIS dengan sebaik mungkin meskipun dengan keterbatasan yang ada.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Angkatan Laut dr. Azhar Zahir Mayor Laut (K) dr. Ag. Purna Siwi Hastanto menyampaikan, akan memenuhi apa yang dibutuhkan guna memberikan pelayanan yang baik kepada peserta JKN-KIS.

“Kami akan berusaha memenuhi apa yang diperlukan guna kelancaran Program JKN-KIS dan terkait masalah IT kami bisa langsung konsultasi ke BPJS Kesehatan.

Sementara untuk pelayanan gigi di Manokwari tidak ada dokter spesialis sehingga saya dan teman-teman dokter gigi umum menerima rujukan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan kebetulan pandemi lagi naik.

FKTP juga tutup semua dokter giginya, dari kita allhamdulillah fasilitasnya sudah kita lengkapi untuk pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan gigi,” ujar Siwi.

Dalam supervisi tersebut, rombongan Tim BPJS Kesehatan didampingi pihak Rumah Sakit Angkatan Laut dr. Azhar Zahir melihat implementasi antrian online yang telah dijalankan serta mengunjungi beberapa ruangan seperti Poli dan Unit Gawat Darurat (UGD) dan diakhiri dengan pemberian plakat dari BPJS Kesehatan Cabang Manokwari kepada pihak Rumah Sakit Angkatan Laut dr. Azhar Zahir.

Sampai dengan bulan Januari 2022, BPJS Kesehatan Cabang Manokwari telah bekerjasama dengan FKRTL sebanyak 14 dan khusus di kabupaten Manokwari terdapat 3 Rumah Sakit yang telah bekerjasama.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *