Dominggus Mandacan Serahkan Jabatan Gubernur Kepada Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw

oleh -188 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Sehari pasca tiba di kabupaten Manokwari ibu kota provinsi Papua Barat, tepatnya hari ini Jumat 20 Mei 2022, Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat mengikuti acara serah terima jabatan dari Dominggus Mandacan dan Mohammad Lakotani yang baru saja mengakhiri masa jabatannya sebagai mantan Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2017-2022.

Acara serah terima jabatan yang dilaksanakan di gedung auditorium PKK itu diawali dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan oleh Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw dan Dominggus Mandacan didampingi Mohammad Lakotani dan sekretaris daerah Nataniel Mandacan. Turut hadir dalam acara tersebut para pejabat tinggi daerah dan forkopimda serta Bupati dan Walikota se-Papua Barat.

Usai menandatangani berita acara serah terima jabatan, dilanjutkan dengan pemutaran video profil singkat provinsi Papua Barat dan berbagai program pembangunan yang sudah dilakukan bahkan masih dalam proses pengerjaan.

Gubernur Papua Barat periode 2017-2022 Drs.Dominggus Mandacan yang didampingi Mohammad Lakotani dalam sambutannya mengaku selama kurun waktu jabatan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur telah banyak bekerja untuk mensejahterakan masyarakat. Meski dalam perjalanan kepemimpinannya di pemerintahan Dominggus mengaku belum sepenuhnya dipenuhi.

“Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2017-2022 kami menyadari bahwa sebagai manusia kami sudah berusaha maksimal. Tapi belum sepenuhnya kami membangun Papua Barat untuk sejahterakan masyarakat, dengan demikian kesempatan ini kami memohon maaf kepada Forkopimda Papua Barat, Bupati, Walikota serta seluruh ASN tetapi juga para tokoh lintas agama, tokoh masyarakat, adat, pemuda dan perempuan serta seluruh masyarakat Papua Barat,” terang Dominggus Mandacan, Jumat (20/5/2022)

Dihadapan Penjabat Gubernur dan forkopimda, Dominggus Mandacan menyatakan kesiapan dirinya untuk berkolaborasi mendukung pembangunan dibawah kepemimpinan Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw. Karena menurutnya, pembangunan di Papua Barat merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat.

“Pak Penjabat Gubernur, kami siap kapan saja diminta. Terutama dalam menjamin keamanan dan ketertiban karena ini sudah menjadi tanggung jawab kita bersama,” tandasnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw dalam sambutan perdananya mengatakan bahwa sejak dirinya dipercayakan oleh Presiden Joko Widodo ada 5 poin penting diantaranya penanganan pemulihan pasca covid-19, mendukung program pusat dan daerah yang dilaksanakan, menjaga stabilitas politik dan keamanan serta sosialisasi pentingnya otonomi khusus dan otonomi baru.

Untuk mendukung suksesnya pembangunan selama periode kepemimpinannya, Waterpauw menyadari bahwa pentingnya dukungan semua pihak dalam upaya membangun Papua Barat menjadi lebih sejahtera.

“Saya mengajak kita semua bangun kerjasama untuk mengawal program dan kegiatan yang sudah disusun. Kita harus tunjukkan bahwa Papua barat bedah orangnya, kualitas kerja dan humanis. Saya berharap kita dapat bekerja gotong royong,” tutup Pj. Gubernur Papua Barat itu.

Mewakili para Bupati dan Walikota se-Papua Barat, dalam sambutannya Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw,M.T menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bertugas kembali kepada Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw di bumi Kasuari Provinsi Papua Barat ini. Wilayah Papua Barat bukan menjadi daerah baru bagi seorang Paulus Waterpauw, bahwasanya Paulus Waterpauw merupakan anak asli Papua yang lahir di Fak-Fak Provinsi Papua Barat.

“Kami percaya bahwa tugas yang diberikan oleh negara untuk mengemban tugas sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat akan menjadi kesempatan untuk mengabdi kembali di tanah leluhur,” ungkap Kasihiw

Oleh sebab itu sebagai kepala daerah dirinya sangat optimis dengan kehadiran Paulus Waterpauw yang nantinya akan membawa perubahan melalui program kerja dan kebijakan pembangunan di Papua Barat, dengan segudang pengalaman karirnya di institusi Polri bahkan sebagai Deputi BNPP pada Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Yang menjadi catatan dalam mengemban tugas nantinya, Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw diminta untuk meneruskan pembangunan Papua Barat sebagai provinsi konservasi. Dengan demikian sumber daya alam di Papua Barat akan menjadi pendorong meningkatnya ekonomi masyarakat.

“Terpilihnya bapak Paulus Waterpauw ini saya yakin bukan tanpa pertimbangan, karena sebelum menjadi Penjabat Gubernur bapak Waterpauw sudah menjabat sebagai Deputi BNPP di Kementerian Dalam Negeri. Sehingga besar harapan kami bapak dapat mendukung dan mengembangkan Papua Barat sebagai provinsi konservasi menuju pembangunan yang berkelanjutan dan bersama kepala daerah kita mengawal potensi sumber daya alam untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat,” pungkasnya.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *