Dukung Pengusaha Kopi Lokal, PLN Bantu 25 Kompor Induksi Bagi Komunitas

oleh -121 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStat.com – Tren kedai kopi yang semakin meningkat di Manokwari merupakan salah satu tanda bertumbuhnya iklim bisnis di kota ini. Dengan pertumbuhan kedai kopi di berbagai tempat di Papua Barat, khususnya di Manokwari diharapkan dapat pula meningkatkan kesejahteraan petani kopi lokal sebagai penyuplai biji kopi Papua Barat di kedai-kedai kopi yang ada.

Sebagai salah satu bentuk dukungan kepada UMKM, PLN Peduli menyalurkan bantuan berupa 25 kompor induksi senilai Rp 80.000.000,-.

Bantuan kompor induksi tersebut nantinya akan didistribusikan kepada 25 kedai kopi di Manokwari yang tergabung dalam komunitas tersebut.

Manager PLN UP3 Manokwari, Roberth Rumsaur menyampaikan harapannya agar bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin bagi para pelaku usaha.

“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami terhadap UMKM di Papua Barat khususnya di Manokwari. Bantuan ini merupakan stimulus bagi UMKM, khususnya pengusaha kedai kopi agar semakin berkembang. Mudah-mudahan para UMKM ini tetap dapat bertahan meski pada kondisi pandemi saat ini,” Ungkap Roberth. Rumsaur

Lebih lanjut Roberth Rumsaur juga menyampaikan bantuan ini juga merupakan komitmen PLN untuk mendorong penggunaan kompor induksi di masyarakat.

“Ini juga merupakan momentum kami untuk mengajak seluruh masyarakat agar menerapkan gaya hidup berbasis energi listrik (Electrifying Lifestyle),” ujar Roberth Rumsaur

Ketua Komunitas Kopi Manokwari, Roland Raweyai menyampaikan, bantuan kompor induksi nantinya akan didistribusikan kepada 25 kedai kopi di Manokwari yang tergabung dalam komunitas.

Selama ini, kata Roland, Komunitas Kopi Manokwari terus berupaya mengenalkan kopi lokal kepada masyarakat. Ia berharap adanya kerja sama kembali dengan pihak PLN untuk mengenalkan kopi lokal secara luas.

“Terima kasih atas bantuan dari PLN. Ini menambah semangat teman-teman pelaku usaha kopi di Manokwari. Semoga ini bukan kerja sama yang terakhir dan ke depan bisa mengenalkan kopi lokal bersama-sama,” kata Roland.

Di sela-sela penyerahan secara simbolik yang dilaksanakan, Rosita Watofa selaku Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM menyampaikan bahwa peran UMKM dalam mendorong pertumbuhan perekonomian daerah sangat penting dan merupakan tanggung jawab bersama, terutama di tengah kondisi pandemi saat ini.

“Dengan bantuan kompor induksi dari PLN sebagai Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan ini diharapkan akan membantu eksistensi pedagang / pengusaha kopi dan mendukung usaha yang inovatif, bersih dan ramah lingkungan ini bisa menjawab kebutuhan pasar tentunya bermanfaat bagi perekonomian masyarakat Kabupaten Manokwari,” kata Rosita Watofa.(rls/PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *