Esterlina Rumfabe Kembali Gelar Penjaringan Aspirasi di Pulau Mansinam

oleh -279 Dilihat

QAnggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) yang merupakan utusan perempuan, Esterlina Rumfabe, kembali mengadakan penjaringan aspirasi kedua di Pulau Mansinam. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Suku Besar Doreri, Dewan Adat Suku Doreri, dan sembilan keret yang bermukim di pulau tersebut.

Dalam pertemuan dengan wartawan pada Kamis (1/2/2024), Esterlina Rumfabe menyampaikan hasil dari penjaringan aspirasi kedua. Berbagai rekomendasi telah diajukan oleh kepala suku besar Doreri, dewan adat suku Doreri, dan sembilan keret, di antaranya:

1. Rekomendasi untuk pembuatan rumah adat atau galeri suku Doreri.
2. Usulan pelatihan kerajinan bagi ibu-ibu Doreri.
3. Ide pembentukan sekretariat suku Doreri.
4. Penolakan terhadap pembentukan sub suku Doreri.
5. Regulasi terkait penertiban retribusi saat perayaan HUT pengkabaran injil dan kedatangan tamu undangan di Pulau Mansinam.
6. Upaya peningkatan ekonomi masyarakat suku Doreri.

Esterlina juga menegaskan bahwa hasil penjaringan aspirasi yang dilakukan oleh anggota MRPB selama dua kali di Kabupaten Manokwari melalui Pokja Perempuan telah diputuskan dan akan ditindaklanjuti untuk disampaikan kepada pihak-pihak terkait.

“Dengan penuh tanggung jawab, saya berharap dapat mendampingi dan mengawasi aspirasi dari perempuan, khususnya perempuan Doreri, supaya aspirasi tersebut dapat terlaksana dengan koordinasi yang baik bersama instansi terkait yang memiliki tugas pokok dalam pemberdayaan perempuan,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *