Gelar Pasar Murah Tekan Lajunya Inflasi di Papua Barat, Pemprov Siapkan 11.500 Bapok

oleh -184 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com –  Pemerintah Provinsi Papua Barat lakukan penanganan lajunya Inflasi di Papua Barat maka dilaksanakan pasar murah di Kabupaten Manokwari dan Kota Sorong. Pemerintah menyiapkan 11.500 paket barang kebutuhan pokok (Bapok).

Penjabat Gubernur Provinsi Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs.Paulus Waterpauw M.Si mengatakan, perekonomian global saat ini diproyeksikan tumbuh seiring dengan pemulihan ekonomi dunia pasca pandemii covid-19, walau pun dihadapkan dengan dinamika geopolitik dunia dan krisis global akan tetapi pemerintah mampu menumbuhkan optimisme global dan memberikan dampak positif pada perekonomian Nasional dan Papua Barat.

Laju inflasi di Papua Barat dapat di tekan dengan adanya pembagian barang kebutuhan pokok di seluruh wilayah papua barat sehingga tidak menimbulkan gejolak ekonomi yang berlebihan dan tetap mewaspadai melonjaknya harga barang di pasar,” tutur mantan Kapolda Papua Barat dihadapan seluruh masyarakat Arowi, Distrik Manokwari Timur, Senin (24/10/2022).

Diketahui bersama bahwa beberapa waktu lalu Provinsi Papua Barat mendapat penghargaan dari pemerintah pusat atas keberhasilannya mengendalikan inflasi. Hal tersebut merupakan upaya dan kerja keras kita bersama.

“Pemerintah Provinsi Papua Barat terus berupaya mengendalikan laju inflasi papua barat di tengah krisis energi dan pangan yang berdampak pada kenaikan harga BBM dan melambungnya harga komoditas pangan. salah satu upaya Pemerintah Papua Barat untuk dalam mengendalikan inflasi di daerah adalah dengan mengadakan operasi pasar berupa pasar murah,” jelas mantan Kapolda Papua.

Penjabat Gubernur berharap, dengan adanya pasar murah ini dapat mendorong kelancaran penyaluran arus barang dan jasa, memenuhi kebutuhan pokok rakyat, serta mendorong pembentukan harga yang wajar.

“Dilaksanakan pasar murah ini dalam rangka penanganan inflasi serta menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di Provinsi Papua Barat,” ucapnya.

Lebih lanjut Penjabat gubernur menjelaskan, ada 11.500 paket barang kebutuhan pokok disediakan Pasar murah ini akan di laksanakan juga pada beberapa titik di Kabupaten Manokwari dan Kota Sorong.

“Kebutuhan pokok yang disediakan pada kegiatan pasar murah ini terdiri dari 4 komoditi yaitu beras premium 10 kg, gula 1 kg, tepung 1 kg, dan minyak goreng 1 liter, dengan harga per paket Rp. 100.000,-. sedangkan sasaran pelaksanaan pasar murah ini di utamakan bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” bebernya.

Selaku Pemerintah Provinsi terus mendorong pelaksanaan kegiatan operasi pasar berupa pelaksanaan pasar murah. Sehingga dapat menstabilkan harga barang kebutuhan pokok di masyarakat dan dapat menekan laju inflasi.

“Pj Gubernur mengajak kita semua dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan pasar murah ini, marilah kita saling bahu membahu bersama-sama dengan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan dan pemulihan ekonomi Indonesia mau pun Papua Barat di tengah krisis yang melanda,” ajak Pj Gubernur.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *