Gelar PTBI 2022, Deputi KPwBI Papua Barat Dorong Sinergitas dan Inovasi

oleh -176 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Kantor Perwakilan (KpwBI) Bank Indonesia Provinsi Papua Barat menggelar (PTBI) Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022, di Aston Niu Manokwari Hotel, Rabu (30/11/2022).

Secara serentak seluruh Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia yang berada di daerah-daerah pun turut serta mengikuti secara virtual bersama Presiden Jokowi, Gubernur BI dan kepala daerah yang hadir dalam PTBI, di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Deputi KPwBI Papua Barat James Wilson Lumban Tobing mengatakan, dinamika kondisi Perbaikan ekonomi domestik tidak terlepas dari respons kebijakan dan sinergi yang kuat antara Bank Indonesia, Pemerintah serta otoritas terkait di setiap lini. Kebijakan nasional dan daerah telah mendorong optimisme dan akselerasi pemulihan ekonomi baik di tingkat nasional maupun daerah.

“Menghadapi dinamika ketidakpastian yang kian kompleks, sinergi dan koordinasi antar pemangku kebijakan dengan Bank Indonesia menjadi kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi serta menjaga inflasi untuk tercapainya stabilitas ekonomi di tingkat nasional dan daerah,” tutur Tobing dalam Sambutannya diacara PTBI, di Aston Niu Manokwari Hotel, Rabu (30/11/2022).

Dikatakan Tobing, dalam pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) merupakan puncak high level event Bank Indonesia yang telah dilaksanakan secara rutin sejak tahun 1969.

“Agenda utama dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia adalah pemaparan pandangan Bank Indonesia terkait kondisi perekonomian nasional, tantangan yang dihadapi, arah kebijakan Bank Indonesia ke depan, hingga arahan Presiden Republik Indonesia mengenai kebijakan Pemerintah ke depan,” papar Wilson Lumban Tobing.

Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022 mengangkat tema “Sinergi dan Inovasi: Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Menuju Indonesia Maju”. Sinergi dan inovasi merupakan kunci bagi Indonesia dalam melewati berbagai tantangan perekonomian di tengah pesatnya perubahan dan ketidakpastian yang kian kompleks.

“Lebih lanjut Wilson menjelaskan dalam sambutannya, di saat yang bersamaan, ketahanan perekonomian harus diperkuat untuk menghadapi dinamika ketidakpastian yang tinggi disertai inflasi demand side semakin menguat,” bebernya.

Dalam seluruh upaya ini bermuara pada tujuan untuk mencapai Indonesia Maju yang ditegaskan melalui komitmen dan totalitas Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas perekonomian untuk bangkit lebih kuat.

“Perlu diketahui oleh semua pihak, bahwa Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022 merupakan puncak dari berbagai rangkaian kegiatan yang telah dijalankan oleh Bank Indonesia sepanjang tahun 2022,” jelas Wilson Lumban Tobing.

Sedangkan terdapat beberapa agenda utama dalam kegiatan Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022 ini, salah satunya adalah pemutaran video kaleidoskop Bank Indonesia Papua Barat, yang berisikan dokumentasi berbagai agenda serta kegiatan yang telah dijalankan oleh Bank Indonesia Papua Barat.

“Selain itu, agenda lain juga adalah pemaparan outlook perekonomian Papua Barat yang diharapkan mampu menjadi referensi dan landasan informasi pengambilan keputusan bagi pemangku kebijakan, investor, pelaku industri, dan stakeholder lainnya,” terang Wilson Lumban Tobing.

Untuk pencapaian kinerja Bank Indonesia tentu tidak terlepas dari sinergi dengan berbagai stakeholder. Pertemuan Tahunan Bank Indonesia juga menjadi sarana pemberian penghargaan atau award kepada stakeholder terbaik yang telah turut berperan aktif dalam menjalankan kolaborasi dengan Bank Indonesia.

“Deputi berharap dalam PTBI dapat menjadi momentum kolaborasi Bank Indonesia dengan stakeholder untuk mendorong koordinasi dan sinergi dalam menjaga tingkat inflasi serta mendorong pertumbuhan ekonomi di Papua Barat, kata Wilson tentu di tanah Papua harus “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat! Torang Bisa!”,” tandas Wilson Lumban Tobing.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *