Harvey Malaiholo Gantikan (alm) Jimmy Demianus Idjie di Komisi V DPR-RI

oleh -131 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Ketua DPP Bidang Kehormatan Partai PDI-P, Komarudin Watubun menyatakan Harvey Malaiholo menggantikan posisi (alm) Jimmy Demianus Idjie untuk melanjutkan Anggota Komisi V DPR-RI dari daerah pemilihan (Dapil) Papua Barat Periode 2019-2024.

Pada perhelatan pemilu saat itu Harvey Malaiholo berada diurutan kedua, otomatis ia yang naik dan melanjutkan perjuangan (alm) Jimmy Demianus Idjie, untuk masyarakat Papua Barat, ini adalah aturan negara jadi tidak bisa digantikan begitu saja,” tegas Komarudin Watubun kepada sejumlah wartawan, di Aston Niu Hotel Manokwari, Sabtu (09/10/2021)

Karena suaranya urutan kedua dan masyarakat Papua Barat juga yang memilih Harvey pada saat pemilu. Bukan partai menentukan tapi hanya proses saja, sedangkan yang berhak lakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) adalah DPR-RI

Suara terbanyak kedua adalah Harvey Malaiholo, kecuali ia bermasalah atau di pecat, tapi Harvey Malaiholo tidak bermasalah maka ia berhak melanjutkan sisa masa jabatannya (alm) Jimmy Idjie,” jelas Komarudin Watubun.

Walaupun ada aspirasi dari masyarakat terkait dengan orang asli Papua yang melanjutkan jabatan dari almarhum. Maaf tidak bisa seperti itu, negara Indonesia punya aturan maka kita harus menghargai akan hal itu.

Terkait Komitmen untuk orang asli Papua, PDI-P jelas mendukung dan terbukti ada banyak kepala daerah orang asli Papua yang kini memimpin daerah dari partai PDI-P,” ucapnya.

Bahkan perjuangan Otsus 25% untuk kabupaten yang di angkat orang Asli Papua saya ketua Pansusnya, jadi tidak perlu ragu Komitmen PDIP terhadap OAP. Tapi soal PAW itu kewenangan DPR – RI.

Kini PAW sedang dalam proses KPU-RI,” tandas Komarudin Watubun.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *