HUT RI ke-77, Fasharkan TNI-AL Manokwari Kibarkan Bendera Merah Putih 4×7 Meter di Dasar Laut

oleh -318 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77 dirayakan dengan semarak, Fasharkan TNI-AL Manokwari mengggelar upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut.

Caption Foto : Fasharkan TNI-AL Manokwari upacara pengibaran bendera merah putih dengan ukuran 4×7 meter di dasar laut/ Dokumentasi Penrem Fasharkan TNI-AL Manokwari

Pengibaran benderah merah putih tersebut dilakukan secara serentak di 77 titik diseluruh perairan Nusantara Indonesia ini merupakan perintah langsung Kepala Staf TNI Angkatan Laut ( Kasal ) Laksamana TNI Yudo Margono.S.E.M.M.

Hal ini disampaikan Kafasharkan TNI-AL Manokwari Kolonel Laut ( T ) Priyonggo Syamrahmadi, S.AK., M.Tr.Opsla., CIQnR saat ditemui wartawan usai melaksanakan pengibaran bendera di bawah laut Fasharkan Manokwari, Rabu (17/08/2022).

Caption Foto: Ketua Jalasenastri Daerah Papua Barat Yuanita Irvansyah turut serta bentangan bendera merah putih di Dasar laut Manokwari/Dokumentasi Penrem Fasharkan TNI-AL Manokwari.

Menurutnya Pengibaran bendera di bawah laut di 77 titik di seluruh jajaran Angkatan Laut untuk mengisyaratkan bahwa TNI Angkatan Laut siap untuk menjaga kedaulatan dan keamanan di seluruh Indonesia.

Dan tentunya ini juga membangkitkan kembali kejayaan maritim untuk Indonesia, pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,”ungkapnya.

Selan itu kegiatan ini juga untuk mendukung Program dari Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.S.E.M.M. dalam melaksanakan pengibaran bendera saat Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 yang berada di 77 titik dari Sabang sampai Merauke.

Caption Foto : Kafasharkan TNI-AL Manokwari Kolonel Laut ( T ) Priyonggo Syamrahmadi, S.AK., M.Tr.Opsla., CIQnR upacara bersama 40 Personel Gabungan/Dokumentasi Penrem Fasharkan TNI-AL Manokwari 

“Kegiatan pengibaran benderah merah putih dengan ukuran 4×7 meter di Laut Fasharkan Manokwari dengan kedalam enam meter, yang melibatkan 40 Personel gabungan dan tim pendukung mulai dari komunitas penyelam, Airud, polair Polres Manokwari, Basarnas Manokwari, diikuti juga Ibu Panglima Koarmada III dan Jalasenastri,” jelasnya.

Dengan harapan kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap momen yang sangat penting untuk negara Indonesia, untuk menumbuhkan jiwa bahari itu lebih tinggi dan menjaga kedaulatan lautan.

“Pesan saya kedepan kita akan lebih Indonesia banget lah kalau bahasa gaulnya, semua bisa dirangkul untuk menjaga kedaulatan laut Nusantara kita saat ini, dan lebih rajin untuk perkembangan Indonesia sendiri secara keseluruhan,” tandas Priyonggo.

Sementara itu, di lain tempat pengibaran Bendera Merah Putih di laut yang dilaksanakan Koarmada III, mengambil tempat di Perairan Pulau Matan Sorong, yang dilaksanakan oleh Prajurit Satkopaska dan Dislambair Koarmada III, sedangkan di jajaran Koarmada III, Lantamal XIV Sorong melaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih di Perairan Pulau Matan, dan selaku Inspektur Upacara yaitu Komandan Lantamal XIV Sorong Laksamana Pertama TNI Imam Musani, yang diikuti peserta lainnya dari TNI/ Polri serta komunitas penyelam.

Adapun upacara pengibaran bendera Merah Putih di laut merupakan Instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajarannya agar memeriahkan HUT ke-77 RI dan menguatkan semangat nasionalisme. “Secara serentak untuk menggelar upacara dan mengibarkan bendera merah putih di bawah laut di 77 lokasi yang tersebar seluruh Indonesia pada Rabu 17 Agustus 2022”.

Selain itu, secara terpusat pengibaran sang merah putih di bawah laut ini akan dilaksanakan di Pulau Putri Kepulauan Seribu, yang mana dalam pengibaran bendera di bawah air ini, sebanyak 886 penyelam dari prajurit TNI AL, TNI dan Polri, pemerintah daerah, organisasi masyarakat, klub selam, dan awak media akan berpatisipasi dalam untuk memecahkan rekor MURI.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *