Bupati Manokwari Hermus Indou Segera Melantik Kadisdukcapil Definitif

oleh -338 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Usulan nama kepala dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manokwari telah disetujui oleh Kementerian Dalam Negeri. Hal itu diungkap Bupati Manokwari Hermus Indou.

Sejak purna tugasnya kepala dinas Dukcapil yang lama Yosef Isir, pemerintah kabupaten Manokwari menunjuk mantan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari Rustam Efendi untuk menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Dukcapil.

Adapun nama yang diusulkan yakni Rustam Efendi. Dalam prosesnya, Bupati Manokwari Hermus Indou mengakui bahwa usulan tersebut telah disetujui oleh Menteri Dalam Negeri.

“Kementerian Dalam Negeri telah menyetujui usulan yang telah disampaikan oleh pemerintah kabupaten Manokwari yaitu yang diusulkan adalah bapak Rustam Efendi,” kata Bupati Manokwari Hermus Indou, Selasa (16/8/2022).

Dicecar soal waktu pelantikannya, Bupati Manokwari belum dapat memastikan waktu pelantikan Rustam Efendi sebagai Kepala Dinas Dukcapil Definitif. Namun dibenarkannya bahwa Surat Keputusan (SK) telah diturunkan kepada mantan Sekretaris KPU kabupaten Manokwari itu.

Ditambahkannya juga, dalam waktu yang tidak terlalu lama pihaknya akan menjadwalkan pelantikan Kepala Dinas Dukcapil.

“SK-nya sudah turun. Jadi nanti setelah perayaan HUT RI ke-77 kita jadwalkan untuk segera dilantik. Sehingga beliau juga secara legal dapat melaksanakan tugas kepemimpinannya,” terangnya.

Mantan Ketua KNPI itu juga mengatakan bahwa Rustam Efendi memiliki kemampuan yang mumpuni dalam penyelenggaraan dan penatausahaan administrasi kependudukan.

Hal itu terbukti beberapa waktu belakangan ini jumlah penduduk Manokwari yang melakukan perekaman e-KTP maupun yang terlayani dokumen kependudukan lainnya tercatat meningkat drastis.

Dengan meningkatnya jumlah penduduk, maka sangat berdampak pada sejumlah sektor, mulai dari bertambahnya kursi di DPRD Kabupaten Manokwari pada pemilu 2024 mendatang, hingga alokasi anggaran pada pos Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat kepada pemerintah kabupaten Manokwari. Sehingga dapat menunjang kapasitas fiskal didaerah.

“Sejak beliau menjadi Pelaksana Tugas Kepala Dinas Dukcapil sudah maksimal dan data kependudukan kita mengalami peningkatan hingga mencapai 200.0800 jiwa. Tentunya berimplikasi terhadap alokasi dan jumlah kursi pada pemilihan DPRD yang semula hanya 25, untuk pemilu tahun 2024 pemerintah kabupaten Manokwari sudah bisa mempunyai anggota DPRD sebanyak 30 orang,” jelas Bupati.

“Ini menjadi hal yang positif. Kita juga berharap peningkatan jumlah penduduk di Manokwari berdampak terhadap meningkatnya dana alokasi umum (DAU) dari pemerintah pusat untuk kabupaten Manokwari,” tutup Hermus.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *