Idul Adha 1442 H, Jamaah Masjid Al-Ikhlas Kodim 1801/Mkw Sembelih 11 Ekor Sapi

oleh -95 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Jamaah masjid Al-Ikhlas Kodim 1801/Manokwari sembelih 11 ekor sapi hewan qurban.

Ketua Panitia Haji Sugianto mengatakan, hewan qurban sebanyak 12 ekor sapi, yang disembelih 11 ekor, sedangkan satu ekornya lagi telah di sumbangkan ke kampung Warami, Distrik tanah rubuh.

“Ada sekitar 459 KK dan 1 kantong plastik mendapat 1.5 kg daging dan ada tambahan tulangnya juga,” kata Anggota Koramil Kota Manokwari 1801-01 ini, kepada PapuaStar.com, disela-sela mengatur daging yang akan dibagikan langsung ke warga, Selasa 30 Juli 2021.

Dikatakan, sapi-sapi ini dikurbankan dari jamaah 5 ekor sapi, 1 ekor sapi dari Bank BI Papua Barat, 1 ekor dari Dandim Kodim 1801 Manokwari, 1 ekor majelis taklim Persit Kodim, 1 ekor Bupati Manokwari dan 3 ekor dari Masjid Jamih merdeka.

“Pendistribusiannya tidak ada yang datang ke masjid Al-Ikhlas, tapi langsung di antarkan ke rumah jemaah yang ada di wilayah kantor Pos, Kotaraja, dinas kesehatan karantina pelabuhan dan jalan Brawijaya,” ucap Peltu Sugianto

Sebagian sudah dibagikan langsung dari panitia ke rumah-rumah jamaah, sesuai dengan prokes. Tentunya kita harus mengikuti instruksi dari pemerintah terkait PPKM di saat Covid-19 seperti ini.

“90 persen Anggota Kodim 1801 Manokwari yang bekerja memotong, menyembelih dan distribusi ke rumah warga. Dan 10 persen dari masyarakat sekitar Makodim turut serta membantu,” terang Anggota Koramil Kota Manokwari ini.

Sebelum dilakukan penyembelihan hewan kurban telah dilakukan swab terlebih dahulu kepada 35 orang Anggota TNI AD, agar cepat selesai semua sudah terbagi ada kelompok memotong, menguliti, tulang, daging dan menimbang.

“Biasanya di tahun sebelumnya Idul Adha setelah lakukan sembelih hewan kurban maka ibu-ibu memasak bersama dan makan bersama. Namun, di tahun ini hanya makan di nasi kotak saja, agar tidak ada yang berkerumun, karena itu virus Corona masih merajalela,” tandas haji Sugiarto.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *