Ini Fokus KPU Manokwari Menghadapi Pemilu 2024

oleh -113 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Pemilihan Umum kepala daerah tahun 2024 semakin dekat. Sejumlah persiapan sudah mulai dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) termasuk di kabupaten Manokwari.

Ketua KPU Kabupaten Manokwari melalui Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Aplena A.L Rumaikeuw menjelaskan sambil menunggu persiapan tahapan verifikasi partai politik sebagai peserta pemilu, pihaknya kini tengah fokus pada Daftar Pemilih Berkelanjutan.

“Saat ini fokus kami adalah Daftar Pemilih Berkelanjutan hingga kini masih terus jalan dan persiapan tahapan verifikasi partai politik,” beber Aplena, Senin (20/6/2022).

Lebih lanjut Aplena mengaku meski Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 3 tahun 2022 tentang Tahapan, Proses dan Jadwal pemilihan umum, sudah ada, namun pihaknya masih menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) dari KPU RI terkait verifikasi partai politik.

Disinggung soal ada tidaknya penambahan kursi di DPR pada pemilu tahun 2024 mendatang, Aplena mengatakan hal itu sangat bergantung pada jumlah penduduk. Hal itu sejalan dengan proses pemutakhiran data penduduk berkelanjutan yang kini tengah dilakukan.

“Pemilih tambahan masih dalam tahap pemutakhiran data berkelanjutan. Soal penambahan kursi di DPR tergantung dari Dinas Kependudukan apakah sudah memenuhi 201 penduduk maka bisa,” urainya.

Sementara untuk jumlah daerah pemilihan (Dapil), Aplena juga mengaku tidak ada penambahan karena sejauh ini tidak ada permasalahan baik dari kalangan masyarakat secara umum, maupun dari partai politik peserta pemilu.

“Dapil sampai saat ini tidak ada. Masih sama seperti pemilihan tahun 2019 dengan 4 Dapil. Karena sejauh ini pemilih maupun partai politik sebagai peserta pemilu tidak komplein terkait dengan Dapil,” tutup Komisioner KPU Kabupaten Manokwari itu.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *