Ini Potensi Kerjasama Pemkab Manokwari Dengan Provinsi Jawa Tengah

oleh -247 Dilihat

JAWA TENGAH, PapuaStar.com – Dalam lawatan Bupati Manokwari Hermus Indou ke provinsi Jawa Tengah tidaklah sia-sia. Bukti Study Banding orang nomor satu di Manokwari itu, rupanya mendapat angin segar dari Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo.

Pemerintah kabupaten Manokwari berpeluang menjalin kerjasama dengan pemerintah provinsi Jawa Tengah. Adapun 3 aspek yang menjadi fokus pembicaraan yakni pariwisata, olahraga dan kepemudaan serta bidang pertanian dan perkebunan.

Untuk bidang pariwisata khususnya festival seni budaya berpeluang dilaksanakan secara bersamaan. Begitu juga dalam pengembangan kelembagaannya menjadi ekonomi kreatif. Bahkan pariwisata tidak hanya terpusat diwilayah perkotaan, namun wilayah pedesaan sangatlah berpotensi untuk dikembangkan.

“Festival pariwisata dan seni budaya tradisional kedua daerah dalam satu event, Pengembangan dan penguatan kelembagaan Pariwisata Ekonomi dan Kreatif, Pengembangan Desa Wisata dan Capacity Building,” ujar Gubernur Jawa Tengah, H Ganjar Pranowo, Senin (21/2/2022).

Sama halnya juga dengan bidang pertanian dan perkebunan. Pada aspek ini secara keseluruhan berpeluang mendorong kemajuan daerah, tidak hanya untuk pemerintahan namun terlebih bagi kesejahteraan masyarakat khususnya di kabupaten Manokwari yang notabene memiliki lahan pertanian masih terbilang luas.

“Peningkatan produksi perkebunan kopi, Penguatan Kelembagaan Balai Penyuluhan Pertanian, Komoditas Tahan Pangan, Aplikasi dan UMKM,” sambung Ganjar.

Potensi kerjasama lainnya yakni di bidang olahraga dan kepemudaan. Kerjasama ini dimaksudkan untuk dapat melibatkan bibit-bibit olahragawan dalam mengasah kemampuan sembari menentukan figur terbaik untuk diorbitkan pada event olahraga.

“Partisipasi pada event olahraga, Peningkatan Prestasi Atlet, Pemberdayaan Pengembangan Pemuda dan Organisasi Kepemudaan,” terangnya.

Bupati Hermus Indou berharap, pertemuan dirinya dengan gubernur Jawa Barat akan tetap terjalin dengan komitmen untuk memajukan daerah terlebih khusus mensejahterakan masyarakat.

Sebab diketahui bahwa kekayaan adat dan budaya, bahkan hasil alam serta memiliki pemuda potensial dalam bidang olahraga, akan menjadikan kabupaten Manokwari layak dipandang di mata nasional bahkan internasional. Salah satunya pulau Mansinam menjadi bukti sejarah dunia yang mana pertama kali Injil masuk ke tanah Papua.(rls/PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *