Jaka Mulyata : Banyak Ormas Tak Melaporkan Kegiatannya ke Kesbangpol Manokwari

oleh -243 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Manokwari, Drs Jaka Mulyata mengatakan, hingga April 2022 terdapat sebanyak 324 organisasi Masyarakat (Ormas) yang terdaftar secara resmi di Kesbangpol Manokwari.

Ratusan Ormas tersebut secara umum bergerak ditiga bidang kegiatan yaitu Sosial, Kemasyarakatan dan pendidikan.

“Kalau bicara aktif dan tidaknya kita tidak bisa mendeteksi soalnya mereka tidak melaporkan aktivitas atau kegiatan mereka (ormas), karena kita hanya menerima ketika mereka mendaftar,”kata Jaka Mulyata kepada sejumlah wartawan, Kamis (07/04/2022).

Menurutnya, Kesbangpol merupakan instansi pemerintah yang memiliki tupoksi mendata semua ormas yang ada di Manokwari.

“Itu kewajiban kita, pada umumnya setiap kegiatan yang dilakukan ormas-ormas tersebut tidak dilaporkan kepada kita, padahal itu wajib dilaporkan,” ucap Jaka Mulyata

Dilihat dari grafik data Ormas, Kata Jaka Mulyata, terus mengalami peningkatan di setiap bulannya. Kerena, pasti ada saja ormas yang datang mendaftar ke Kesbangpol Manokwari.

Dikatakan Jaka Mulyata, pada saat mendaftar para ormas telah menyatakan siap melaporkan setiap kegiatan yang dilakukan.

“Namun kenyataannya banyak yang tak melaporkan, seharusnya kita tau ormas ini aktif melakukan kegiatan atau tidak, tapi nyatanya masih banyak yang tidak melaporkan,” jelas Jaka Mulyata.

Seharusnya dilaporkan agar pemerintah bisa mengetahui, dan juga sebagai bukti kontribusi ormas kepada pemerintah dan masyarakat Manokwari.

“Kepala Kesbangpol Manokwari menambahkan, apalagi kegiatan sosial, sangat disayangkan pemerintah tidak tau, atau tidak terekspos,” tandas Jaka Mulyata.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *