Jaring Aspirasi Kamtibmas, Polres Sorsel Gelar FGD Bersama Warga Wernas

oleh -75 Dilihat

SORONG SELATAN, PapuaStar.com – Satuan Binmas Polres Sorong Selatan menggelar Focus Group Discution (FGD) dengan warga kampung wernas bertempat di Balai Kampung Wernas Distrik Teminabuan Sorong Selatan, Selasa (31/8/2021).

FGD dengan Tema Situasi Kamtibmas Di Wilayah Sorong Selatan digelar dengan maksud untuk menjaring saran dan pendapat berbagai pihak terhadap permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di Kampung Wernas

Selain itu juga diharapkan dapat menciptakan sinergitas antara Polri dengan masyarakat, sehingga apabila terdapat permasalahan khususnya terkait keamanan dan ketertiban masyarakat dapat segera diselesaikan pada level bawah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Sorong Selatan AKBP Choiruddin Wachid, S.I.K., M.M, Kasat Binmas Iptu Marthinus Mangiri, S.Sos, Bhabinkamtibmas Kampung Wernas Brigpol Charles Talahatu, Kepala Kampung Wernas oskar kehek dan warga kampung wernas.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres menanyakan permasalahan kamtibmas yang terjadi di kampung wernas dan bagaimana pelayanan kepolisian yang diberikan oleh jajarannya selama ini.

Selain itu Kapolres juga mendorong masyarakat untuk mendukung program pemerintah untuk percepatan vaksinasi guna memutus mata rantai penyebaran covid-19, jangan terpengaruh berita hoax karena vaksin itu penting gunanya untuk meningkatkan kekebalan imun tubuh mencegah penularan covid-19.

Kepala Kampung Wernas Yulianus Sabru bersama perwakilan dari warga memberikan apresiasi dan ucapan trimakasih karena baru kali ini Kapolres Sorong Selatan yang langsung hadir dan bertatap muka dengan warga.

Terkait kamtibmas di wilayah kampung Wernas relatif aman dan kondusif karena peran Bhabinkamtibmas yang
selalu ada dan membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

Gangguan kamtibmas yang terjadi selama ini berupa pemabukan yang kadang terjadi di pasar Kajase yang meresahkan mama-mama yang jualan di pasar dan Kami minta kepada bapak kapolres kiranya dapat memberantas peredaran miras di Sorong Selatan dan menambah anggota bertugas di Pospol Pasar Kajase untuk keamanan sehingga tidak ada pemabukan lagi

Fanuel Kehek dari perwakilan warga menyampaikan sebagian warga di kampung wernas belum mau dan takut divaksin covid-19 karena kurangnya sosialisasi dari dinas terkait serta terkendala masalah budaya dan adat istiadat yang ada, untuk itu perlunya sosialisasi dari Dinas kesehatan yang langsung menjelaskan prosedur dan manfaat dari vaksin itu sendiri.

Sementara dari Fransiskus Weli selaku Kepala Suku Flores di Kampung Wernas meminta kepada Kepolisian dalam mengungkap kasus kejahatan yang terjadi menggunakan pendekatan kekeluargaan karena warga enggan menjadi saksi karena takut denda adat walupun membantu mengungkap pelaku kejahatan tersebut.

Menanggapi hal itu semua, Kapolres berkomitmen akan memberantas peredaran miras di sorong selatan dan akan meningkatkan patroli dan menambah petugas di Pospol Kajase.

Kedepan pihak kepolisian akan mendampingi tenaga kesehatan untuk melakukan sosialisasi vaksinasi ke kampung-kampung agar warga mengerti dan bersedia untuk divaksin sehingga target percepatan vaksinasi covid-19 tercapai.

Terkait pengungkapan Kasus, selama ini pihak kepolisian terkendala masalah saksi karena setelah dipanggil tidak bersedia hadir sehingga sulit mengungkap pelakunya, maka dari itu perlu kesadaran dan kerjasama dari warga masyarakat, karena keterangan saksi tersebut bersifat rahasia guna kepentingan penyidikan.

Diakhir kegiatan tersebut, kapolres sorong selatan Akbp. Choiruddin wachid S.I.K.,M.M memberikan bantuan sosial berupa sembako bagi masyarakat yang membutuhkan selain itu juga, memberikan sarana kontak olahraga berupa bola voli kepada aparat kampung sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya.(rls/PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *