Kadisdukcapil Manokwari : Jangan Tertipu Calo, Urus Dokumen Kependudukan Sendiri “Semua Gratis”

oleh -161 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Pengurusan administrasi sepertinya masih menjadi incaran para calo. Mereka menawarkan waktu pembuatan dokumen yang cepat, meskipun dengan tarif tertentu.

Kepala Disdukcapil Manokwari, Rustam Effendi mengimbau masyarakat yang akan mengurus KTP maupun dokumen kependudukan lainnya tidak dipungut biaya apapun, jadi gratis.

“Semua di permudah secara gratis agar mengurus sendiri ke Kantor Disdukcapil. Itu penting untuk menghindari pemalsuan dan biaya yang dikeluarkan dalam pengurusan tersebut,” tuturnya kepada awak media, di kantor Disdukcapil Manokwari, Jumat (22/10/2021).

Jika melalui perantara atau calo ada banyak resikonya, selain biaya kepengurusan juga bisa jadi itu palsu bukan resmi yang dibuat pemerintah.

“Hanya saja, Lanjut Rustam, karena banyak jumlah pemohon maka masyarakat harus ikut mengantre dan sabar. Kondisi inilah yang dimanfaatkan pihak lain untuk mencari keuntungan dengan menjadi perantara atau calo,” tegas Rustam Effendi.

Setiap hari ada banyak pemohon yang mengurus surat-surat baik itu KTP, KK, Akte kelahiran maupun akte kematian. Jadi pemohon memang harus mengantre dan sabar, dipastikan surat-surat tersebut hari itu juga selesai dan dapat dibawa pulang ke rumah, tidak ada yang di persulit, dengan catatan tidak ada dokumen yang bermasalah.

“Terkait dengan pencaloan, dirinya mengaku sudah katakan kepada para staf untuk menegur dan mengingatkan calo-calo itu dan agar tidak merugikan masyarakat maupun nama baik Disdukcapil Manokwari. Namun, saya pastikan tak ada petugas (Pegawai Disdukcapil) menjadi calo. Jika ada, laporkan. Akan kami tindak,” jelasnya. (PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *