Kodim 1801/Manokwari Konsisten Tuntaskan Buta Aksara di Wilayah Teritorialnya

oleh -164 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Sesuai dengan semboyannya dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat, Kodim 1801/Manokwari mengerahkan jajaran Babinsanya sebagai Tim Tenaga Pengajar secara konsisten melaksanakan Proses belajar membaca dan menulis dalam rangka pengetasan buta aksara di Balai Kampung Susweni, Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Jumat (01/07/2022).

Caption Foto : Dengan Sukarela Salah satu ibu Persit Kodim 1801/Manokwari mau mengajarkan membaca kepada anak-anak/ dokumentasi istimewa.

Beberapa faktor yang mempengaruhi tingginya angka buta aksara diantaranya tingginya angka putus sekolah dasar dan beratnya kondisi geografis serta pengaruh faktor sosiologis dan ekonomi di lingkungan masyarakat.

Caption Foto : Tanpa Pamrih Salah Satu Babinsa Distrik Manokwari Timur mengajarkan membaca kepada anak-anak sekolah/Dokumentasi Istimewa

Sehingga Kodim 1801/Manokwari membentuk Tim pengajar di wilayah binaannya guna melaksanakan proses belajar membaca dan menulis.

Caption foto: Babinsa Manokwari Timur dengan niat dan tekad mengentaskan buta aksara/ Dokumentasi Istimewa.

Para Babinsa sebagai Tim Tenaga Pengajar akan terus rutin melaksanakan pembelajaran membaca dan berhitung kepada anak-anak 3 kali dalam seminggu.

Caption Foto : Babinsa Manokwari Utara Mengajarkan membaca dan menulis bersama/Dokumen Penrem Kodim 1801 Manokwari

Kegiatan ini juga dibantu sukarelawan dari Kampung Susweni. Proses belajar ini sangat direspon oleh masyarakat setempat serta senang dengan adanya kegiatan proses belajar membaca dan berhitung yang dilakukan Babinsa jajaran Kodim 1801/Manokwari tersebut.

Saat dikonfirmasi, Dandim 1801/Mnaokwari Letkol Inf Rachmat Christanto, S.I.P menjelaskan, bahwa Program tersebut akan secara terus menerus dilakukan oleh jajaran Babinsa dengan menggandeng tenaga pengajar sukarelawan yang ada di kampung-kampung binaannya. Selain itu, tempatnya juga tidak harus di sekolah tetapi bisa menyesuaikan kondisi sosial di masyarakat.

“Memang tidak mudah untuk melakukan program tersebut namun demi untuk kemajuan masyarakat. Tetapi Babinsa jajaran Kodim 1801/Manokwari harus bisa menjadi motivator pembangunan karakter di Papua Barat, karena dihadapkan dengan kemajuan zaman dan teknologi maka tugas Babinsa akan semakin berat dan beragam di wilayah teritorialnya,” ucapnya.(rls/PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *