Kunker Ke Mansel, Komisi II DPR Papua Barat Melihat Prospek Kebun Kakao

oleh -1839 Dilihat

RANSIKI, PapuaStar.com – Komisi II DPR Papua Barat melaksanakan kunjungan kerja, di Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Provinsi Papua Barat, Kamis (30/11/2023).

Dalam kunker tersebut, dipimpin tim Komisi II Zeth Kadakolo menyambangi kebun Kakao yang berada di Kecamatan Ransiki, Mansel yang memiliki luas hingga 200 hektar.

Pada kesempatan itu, Zeth Kadakolo berbincang-bincang dengan pengelola kebun.

“Setelah umur berapa kakao ini baru ditanam? Setiap tiga bulan ditanam dalam koker, setelah itu baru dipindahkan ke lapangan,” terang pengelola kebun.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam menanam bibit Kakao itu sama sekali tidak menggunakan pupuk mengingat kualitas tanahnya sangat bagus.

Pengelola kebun juga menuturkan cara menanam bibit Kakao yang baru.’

“Jadi nanti bukan tanam di tempat baru (lubang baru) tapi di lubang bekas tanaman yang sudah hancur (mati). Tinggal digali sedikit agar lebih dalam lalu bibit yang sudah tiga bulan usia ini langsung ditanam pada lubang tersebut,” jelasnya

Pengelola kebun juga menambahkan bahwa biasanya dalam satu bulan ia menaman 500 bibit kakao.

“Jadi total rata-rata setiap satu hektar, bibit Kakao yang ditanam mencapai 1250 pohon dengan jarak dan ukuran 4 x 2 meter untuk setiap pohonnya,” tandasnya.

Seusai berdialog, Kadakolo berharap usaha kebun kakao yang dikelola masyarakat ini dapat semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani kakao di Mansel.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *