Lantik TP-PKK Distrik dan Kelurahan se-Manokwari, Febelina Indou : Jadilah Agen Perubahan

oleh -225 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manokwari, Febelina Indou, akhirnya melantik ketua-ketua Tim Penggerak PKK Distrik dan Kelurahan se-kabupaten Manokwari, Jumat (14/1/2022). Pelantikan tersebut diawali dengan pembacaan Surat Keputusan dan pemasangan pin TP-PKK.

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Kabupaten Manokwari, Febelina Indou mengatakan bahwa di era emansipasi seperti sekarang, perempuan acapkali dianggap sebagai kelompok kelas dua sehingga mereka tidak memperoleh persamaan hak dengan laki-laki. Sehingga perempuan hanya mampu melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan urusan rumah tangga.

“Perempuan bisa menjadi aktor strategis di dalam pembangunan. Tidak hanya pembangunan di desa, tetapi juga pembangunan secara nasional yang dapat mengubah kehidupan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik, termasuk di Kabupaten Manokwari,” terang Febelina Indou.

Pelantikan ketua-ketua Tim Penggerak PKK Distrik dan Kelurahan ini dinilai sebagai momentum bagi kaum perempuan untuk memulai kerjasama secara terstruktur dari tingkat kampung, kelurahan, distrik hingga kabupaten yang tentunya berdampak pada terwujudnya visi misi pembangunan di daerah. Oleh karena itu, Tim Penggerak PKK yang baru saja dilantik mampu beradaptasi dan berkoordinasi dengan Lurah dan Distrik.

“TP-PKK diharapkan mampu menjalankan tugas sebagai agen perubahan melalui 10 program PKK untuk menjadikan keluarga sejahtera. Saya harap ketua tim penggerak PKK yang baru dilantik, secepatnya berkoordinasi dengan kepala distrik dan lurah dalam menyusun kepengurusan. Selayaknya tim penggerak PKK distrik dan kelurahan dapat menunjang program pembangunan pemerintah daerah,” tambah Febelina.

Bupati Manokwari, Hermus Indou juga mengatakan bahwa PKK sangat berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga. Sebab menurutnya, PKK adalah gerakan yang muncul dan bertumbuh dari bawah dengan para ibu sebagai penggeraknya.

Hermus Indou yang juga menjadi ketua pembina Tim Penggerak PKK Kabupaten Manokwari itu menambahkan bahwa tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera yakni keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin. Menurutnya tantangan PKK saat ini adalah membudayakan PKK sesuai eksistensinya.

“Pemberdayaan keluarga ini penting karena akan menghasilkan kemandirian keluarga. Hal tersebut menjadi tugas mulia Tim Penggerak PKK Kabupaten Manokwari termasuk Distrik, Kelurahan bahkan sampai ke tingkat Kampung. Saya harap Tim Penggerak PKK yang baru dilantik dapat mewujudkan visi misi gerakan PKK melalui 10 program pokok PKK di wilayah kerja masing-masing,” ujar Bupati Manokwari, Hermus Indou.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *