Lewat Rapim 2024, Kodam XVIII/Kasuari Siap Mewujudkan Pertahanan Tangguh Indonesia Maju

oleh -343 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com-Kodam XVIII/Kasuari siap mewujudkan pertahanan yang tangguh untuk Indonesia maju yang harus benar-benar dipahami sebagai sebuah visi besar yang harus dicapai dalam pelaksanaan program kerja dan anggaran TNI AD TA. 2024 serta harus dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan oleh Kodam XVIII/Kasuari.

Pernyataan ini disampaikan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, S.E., M.Tr.(Han)., CGCAE., lewat sambutannya saat membuka acara Rapat Pimpinan (Rapim) Kodam XVIII/Kasuari Tahun Anggaran (TA) 2024, di aula Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, pada Selasa (5/3/2024).

Kepada para peserta Rapim ia meminta untuk semakin memantapkan keberhasilan tugas satuan dalam pelaksanaan program kerja dan anggaran TA. 2024, khususnya dalam aplikasi pencapaian tugas pokok di wilayah Kodam XVIII/Kasuari yang akan selalu bersentuhan dengan rakyat dan Pemerintah Daerah setempat.

“Rapim Kodam XVIII/Kasuari TA. 2024 selain untuk mengevaluasi pelaksanaan program dan anggaran TA. 2023, serta penyampaian pokok-pokok kebijakan pimpinan TNI AD yang harus kita laksanakan, sekaligus untuk menjalin komunikasi yang harmonis guna menyamakan persepsi dalam bekerja sama serta memantapkan soliditas dan profesionalitas TNI untuk lebih optimal dalam mendukung efektivitas pencapaian tugas pokok di tahun 2024, selain itu kegiatan ini juga merupakan wahana silaturahmi dan saling berkoordinasi dan komunikasi para Dansat,” ucapnya.

Juga dijelaskan Pangdam, bahwa pokok-pokok kebijakan yang diambil ditahun 2024 ini diantaranya pada bidang perencanaan dengan menata organisasi dan gelar satuan agar rasional dan operasional, pertahankan opini WTP serta efisiensi, efektifitas pengelolaan anggaran.

“Selain itu, dengan meningkatkan kemampuan komunikasi public, peningkatan kesiapan satuan Kodam, peningkatan kemantapan dan kesiapsiagaan satuan, memberdayakan latihan dalam satuan, optimalisasi fungsi sistem pembinaan tenaga manusia yang efektif dan efesien melalui pemerataan SDM, pemenuhan perlengkapan perorangan prajurit, pemanfaatan aset BMN di lingkungan Kodam, mengawal pesta demokrasi mewujudkan stabilitas wilayah, membantu program Pemerintah percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan implementasi pengelolaan sumber daya nasional,” jelasnya.

Melalui pembekalan yang disampaikan oleh Pj. Gubernur Papua Barat, Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P., ia menyampaikan terima kasih atas dukungan Kodam Kasuari dan seluruh jajaran atas terciptanya suasana yang aman, damai selama dalam pelaksanaan Pemilu dan Pileg di Papua Barat.

“Mohon dukungannya, untuk Pangdam dan Dansat jajaran kepada kami Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam melaksanakan tugas Pemerintahan, usai melihat fasilitas kolam renang yang dimiliki, saya berharap ada orang Arfak yang menjadi perenang nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Papua Barat, Irjen. Pol. Jhonny Edison Isir, S.I.K., M.T.C.P., juga mengutarakan ucapan terima kasihnya karena saat pelaksanaan Pemilu yang baru saja dilaksanakan mendapat back up dari personel Kodam XVIII/Kasuari dan jajaran, sehingga dalam pelaksanaannya aman terkendali.

“Yakin dan percaya bahwa kehadiran TNI-Polri yang langsung bersentuhan dengan masyarkat dapat memberikan dampak dan manfaat bisa dirasakan langsung oleh masyarajat, dan itu merupakan kehormatan, pengabdian kita bersama bagi bangsa, NKRI yang kita cintai bersama,” ungkapnya.

Pj. Papua Barat Daya lewat Bapperida Provinsi Papua Barat Daya, Rahman, S.STP., M.Si., saat memberikan pembekalan mengutarakan arah kebijakan tahunan pembangunan Provinsi PBD 2024 dengan penataan suprastruktur Pemerintahan, normalisasi birokrasi dan peningkatan harmoni sosial.

Rapim Kodam XVIII/Kasuari TA. 2024 merupakan tindak lanjut dari rapim TNI AD yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu untuk menjabarkan pokok-pokok kebijakan Kasad pada TA. 2024, yang nantinya akan diturunkan menjadi pokok-pokok kebijakan Pangdam XVIII/Kasuari pada TA. 2024, sebagai pedoman dalam rangka pelaksanaan dan pencapaian tugas selama satu tahun ke depan.

Ikut dalam kegiatan ini, Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga, para pejabat Kodam, Danrindam XVIII/Kasuari, para Dansat jajaran Kodam XVIII/Kasuari dan Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari beserta pengurus.

(Pendam XVIII/Ksr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *