Modus Operandi Kejahatan Semakin Beragam, Kapolres Kaimana : Polri Harus Persuasif dan Humanis

oleh -119 Dilihat

KAIMANA, PapuaStar.com – Kapolres Kaimana AKBP I Ketut Widiarta, S.I.K., M.H. bertindak selaku inspektur upacara dan komandan upacara KBO Sat Lantas IPDA Rahmatullah memimpin
upacara bendera bulanan, di halaman apel Polres Kaimana, Rabu (17/11/2021)

Dalam pelaksanaan upacara bulanan ini diikuti seluruh pejabat utama dan para perwira serta para personil Polres Kaimana.

Dalam arahan Kapolres Kaimana AKBP I Ketut Widiarta, S.I.K., M.H. menyampaikan, bahwa pada masa yang akan datang keberhasilan polri tidak hanya dinilai melalui kuantitas keberhasilan polri dalam mengungkapkan berbagai tindak pidana yang terjadi namun sejauh mana polri mendapatkan solusi guna mencegah peningkatan kualitas kejahatan menjadi lebih besar tentunya dengan melibatkan peran serta masyarakat.

Pendekatan-pendekatan secara persuasif dan humanis perlu dibangun dalam berkomunikasi, yang dalam perkembangan masyarakatpun tumbuh dengan bersikap lebih kritis terhadap upaya penegakkan hukum,” terangnya dihadapan seluruh anggota mengikuti upacara, di halaman Polres Kaimana, Rabu (17/11/2021).

Disisi lain, modus operandi kejahatan juga semakin beragam, untuk itu kedekatan personil dengan masyarakat yang selama ini telah terjalin dengan baik harus ditingkatkan agar masyarakat secara cepat mengidentifikasikan masalah masalah yang berkembang dilingkungannya.

Dari perkembangan ini polri khususnya Polres Kaimana diharapkan lebih berperan sebagai mitra masyarakat dan menjadi fasilitator dalam mengatasi berbagai permasalahan seputar Kamtibmas sehingga setiap kerawanan bisa dicegah sebelum menjadi gangguan keamanan yang lebih besar dan meresahkan masyarakat termasuk dalam penanganan covid-19 yang masih berlanjut sampai saat ini, polri sebagai garda terdepan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh warga masyarakat bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati,” jelas Widiarta.

Kapolres menekankan, yang mana dapat tingkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas.

“Tanamkan terus kesadaran diri bahwa profesi kepolisian yang saudara pilih merupakan wujud pengabdian yang mulia kepada masyarakat bangsa dan negara. Oleh karena itu, tingkatkan kecintaan dan kebanggaan sebagai anggota polri dengan memberikan pengabdian serta karya yang baik,” ucap mantan Kasubditregident Ditlantas Polda Papua Barat.

Tingkatkan kerjasama koordinasi dan komunikasi yang efektif antar penegak hukum pengembangan fungsi kepolisian dan segenap pemangku kepentingan sebagai implementasi dari pendekatan sinergi polisional guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

“Lebih lanjut Widiarta menjelaskan, raih keberhasilan Polri dalam program reformasi birokrasi melalui peningkatan prestasi dan pencapaian kinerja tahun 2021 – 2022 dengan mengutamakan pelayanan prima yang anti KKN dan anti kekerasan guna menciptakan keamanan yang mantap dalam rangka mensukseskan pembangunan nasional diwilayah kabupaten Kaimana-Papua Barat.

Ia menambahkan, lakukan upaya upaya pendekatan secara humanis dan simpatik kepada masyarakat secara terus menerus melalui media sosial, sosialisasi dan himbauan guna mensukseskan program vaksinasi covid-19 diwilayah kabupaten kaimana dan yang terakhir memiliki rasa nasionalisme cinta tanah air kepada negara kesatuan republik indonesia.(rls/PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *