Dukung Pembentukan SDM Sejak Dini, Gubernur Papua Barat Lantik Pokja PAUD Periode 2021-2024

oleh -116 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengukuhkan Pokja PAUD Provinsi Papua Barat masa bakti 2021 – 2024, di Gedung Auditorium PKK Papua Barat, Rabu 17 November 2021.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan, pembangunan mencakup aspek kehidupan bangsa yang didalamnya ada aspek politik ekonomi sosial budaya pendidikan maka sebenarnya pembangunan adalah cerminan kehendak untuk terus-menerus meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat.

“Kehidupan masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi juga merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat yang didalamnya organisasi kemasyarakatan sebagai mitra pemerintah dalam pelaksanaan proses pembangunan, guna mencapai tujuan pembangunan nasional, sebagaimana tercantum dalam alinea II pembukaan undang-undang 1945,” ucapnya dalam sambutan pengukuhan Pokja PAUD, di Auditorium PKK Papua Barat, Rabu 17 November 2021.

Peraturan Presiden nomor 60 tahun 2013 tentang pengembangan anak usia dini holistik integratif mengamanatkan kepada kita bahwa sumber daya manusia sangat sehat, cerdas dan produktif merupakan aset yang sangat berharga bagi bangsa di negara Indonesia.

“Tentunya diperlukan peningkatan kualitas sumber daya manusia, dalam pencapaian tumbuh kembang anak selama periode usia ini, yaitu sejak janin sampai anak berusia 6 tahun maka upaya peningkatan kesehatan gizi perawatan pengasuhan perlindungan dan pendidikan yang dilakukan secara simultan sistematis menyeluruh dan terintegrasi perlu disiapkan untuk membangun anak yang cerdas dan berkualitas untuk bangsa Indonesia khususnya di Provinsi Papua Barat,” terang Kepala Suku Besar Arfak ini.

“Hari ini kita telah menyaksikan bersama telah dilakukan pengukuhan Bunda PAUD Provinsi Papua Barat. Ini adalah wujud komitmen Bunda PAUD sebagai mitra pemerintah dalam menggerakkan dan mengembangkan PAUD berkualitas di Provinsi Papua Barat.

“Saya berharap adanya pengukuhan ini dapat mendorong partisipasi dan peran serta masyarakat dalam mendukung pembinaan penyelenggaraan dan pengembangan layanan PAUD berkualitas di Provinsi Papua Barat mengingat pendidikan anak usia dini adalah pra pendidikan dasar bagi anak usia 5 atau 6 tahun,” terang mantan Bupati Manokwari Dua Periode ini.

Sebagai salah satu layanan minimal pendidikan yang wajib disediakan oleh pemerintah daerah, maka diharapkan Pokja Bunda PAUD yang terdiri dari berbagai elemen dapat bekerja semaksimal mungkin untuk terwujudnya PAUD berkualitas di Provinsi Papua Barat.

“Ia menambahkan, atas nama pemerintah Provinsi Papua Barat Saya mengucapkan terima kasih atas capaian Bunda PAUD dan mengajak membangun Papua Barat,” ucap Kepala Suku Besar Arfak.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *