Pangdam Kasuari Bersama Forkopimda Papua Barat, Terjun Langsung Kelapangan Pastikan Pemilu 2024

oleh -364 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com- Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, S.E., M.Tr.(Han)., CGCAE., berdasarkan laporan-laporan yang ada di wilayah kepada saya, berkaitan dengan bantuan keamanan Kodam XVIII/Kasuari dan seluruh jajaran sejauh ini belum ada hal-hal yang menonjol, dan Alhamdulillah kondisi keamanan di wilayah Papua Barat maupun Papua Barat Daya secara umum terpantau masih dalam kondisi aman serta kondusif.

Hal ini disampaikan Pangdam Kasuari dalam wawancara singkatnya dengan awak Media, di sela-sela melaksanakan patroli sekaligus meninjau langsung pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 di sejumlah TPS di beberapa wilayah yang tersebar di Manokwari, Papua Barat, pada Rabu (14/2/2024).

Disamping itu, ia menjelaskan bahwa setelah kemarin dilaksanakan distribusi logistik Alhamdulillah semua terpenuhi dengan baik.

“Walaupun dengan kekhwatiran yang terjadi misalnya tanah longsor, banjir dan lain sebagainya sampai dengan saat ini pula tidak ada laporan yang terhambat. Di lihat dari situasi TPS saat ini memang agak ramai kemungkinan karena hujan jadi sedikit terhambat namun saya kira itu bukan masalah, karena dapat terselesaikan dan diatur dengan baik dari KPU, sesuai dengan pantauan dilapangan dan laporan sejauh ini oleh jajaran bahwa semua berjalan dengan apa yang kita harapkan,” kata Pangdam.

Pj. Sekretaris Papua Barat, Dr. Ir. Jacob Fonataba yang juga ikut dalam kegiatan tersebut saat peninjauan menyampaikan bahwa hari ini merupakan tugas dari Pemerintah dibantu dengan pihak TNI-Polri dalam rangka memantau pelaksanaan Pemilu di seluruh wilayah Provinsi Papua Barat, khususnya di Manokwari.

“Kita datang melihat beberapa TPS yang tersebar, sehingga dengan peninjauan tersebut kita dapat mengontrol sekaligus mengevaluasi seperti apa pelaksanaan pemungutan suara hari ini, kami juga sudah berkoordinasi dengan KPU, sepanjang dalam proses pencoblosan masih ada para pemilih di TPS, agar tetap di laksanakan,” ujarnya.

Sementara itu, Kajati Papua Barat, Dr. Harli Siregar, S.H., M.Hum menuturrkan dari Pemerintah dan semua yang ikut dalam kegiatan ini merasa cukup senang dan bangga karena masyarakat berbondong-bondong menggunakan hak pilihnya untuk datang ke TPS.

“Ini menjadi contoh bahwa Papua Barat, kita harapkan dan kita doakan tetap aman, damai serta pengumuman suara berjalan lancar. Kita juga sangat senang karena dalam pantauan, panitia pemungutan suara sudah melaksanakan tugasnya sesuai dengan SOP yang jelas dan sangat humanis kepada masyarakat dalam menjalankan tugasnya, dan mudah-mudahan penyelenggaran Pemilu di Papua Barat dapat berjalan dengan damai,” ungkap Kajati.

Ikut dalam kegiatan ini, Wakapolda Papua Barat, para Asisten Kasdam XVIII/Kasuari, Kapendam dan Kahubdam XVIII/Kasuari, perwakilan MRP Papua Barat dan pihak yang terkait lainnya.

(Pendam XVIII/Ksr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *