Pegunungan Arfak 2 Kali Diguncang Gempa, Getarannya Terasa Hingga Manokwari

oleh -264 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Manokwari memberikan informasi sekira pukul 00.17 WIT telah terjadi gempa dengan kekuatan 4.8 Magnitudo, Minggu (23/10/2022).

Kepala BMKG Manokwari Daniel Tandi mengatakan, betul sekali semalam terjadi gempa di daerah Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf). Getarannya terasa hingga di Kabupaten Manokwari dengan skala intensitas III MMI.

“Diguncang gempa sekira pukul 00.17 WIT dengan kekuatan 4.8 Magnitudo,” terang kepala BMKG Manokwari Daniel Tandi kepada PapuaStar.com melalui telepon selulernya, Minggu (23/10/2022).

Dikatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi terletak pada koordinat 0.89° Lintang Selatan dan 133.82° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 Km arah Barat Daya Pegunungan Arfak, Papua Barat. Gempabumi ini memiliki kedalaman 12 km.

“Sedangkan guncang gempa susulan yang ke-2, Lebih lanjut Daniel Tandi menjelaskan, Hingga pukul 00.54 WIT, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan dengan skala 2.7 Magnitudo, dilokasi 1.3 Lintang Selatan, 133.30 Bujur Timur, 63 km Barat Daya Pegunungan Arfak, dengan kedalaman 4 Km.” paparnya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

“Daniel Tandi mengimbau kepada masyarakat, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG,” tandasnya.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *