Pemprov Papua Barat Gelontorkan Dana 4,8 Miliar Untuk Pembangunan Kantor Sekretariat FKUB

oleh -150 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Kantor Sekretariat Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Papua Barat kini mulai di bangun. Proses pembangunannya diawali dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, M.Si, Jumat (10/9/2021).

Kantor Sekretariat FKUB Papua Barat berlokasi di Kelurahan Amban, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari.

Pembangunan Kantor Sekretariat FKUB Papua Barat ini sekaligus menjawab visi misi pemerintah provinsi Papua Barat yakni ‘Membangun Dengan Hati, Mempersatukan Dengan Kasih’ menuju Papua Barat yang aman, damai dan sejahtera.

Tentunya kata Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, M.Si merawat kerukunan umat beragama menjadi tanggung jawab semua pihak, dengan cara memberikan kebebasan beribadah bagi setiap umat beragama di Indonesia, khususnya di atas tanah Papua Barat. Sejalan dengan itu, telah diamantkan dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 8 dan 9 Tahun 2006 bahwa kepala daerah dan wakil kepala daerah diberikan kewenangan untuk memelihara kerukunan umat beragama.

“Kita memiliki kewajiban untuk menjamin kebebasan, membina kerukunan dan melindungi semua umat beragama untuk menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan yang dianutnya. Oleh karena itu, sebagai pemerintah memberikan dukungan kepada setiap lembaga keagamaan termasuk FKUB di Papua Barat,” ungkap Dominggus Mandacan.

Nantinya kantor Sekretariat FKUB Papua Barat akan menjadi rumah representatif untuk mempersatukan seluruh elemen masyarakat dalam bingkai toleransi umat beragama yang harmonis.

“Dari rumah Pancasila ini kita kita wujudkan Papua Barat sebagai rumah kebhinekaan umat yang rukun, toleran dan harmoni,” tambahnya.

Dalam laporannya, Kepala Bagian Bina Mental Spiritual, Biro Kesra Setda Papua Barat, Yan Piet Moso,S.Sos membeberkan bahwa pembangunan kantor Sekretariat FKUB Papua Barat yang dirancang berlantai dua ini dibiayai menggunakan dana APBD tahun 2021 senilai 4,8 Miliar Rupiah.

Yan Piet Mosi lalu berharap FKUB kedepannya menjadi payung bagi 5 agama yang ada di Papua Barat. Ditargetkan pembangunan kantor Sekretariat FKUB Papua Barat akan rampung di tahun 2021 ini.

“Pembangunan Gedung Kantor FKUB Papua Barat bersumber dari APBD Papua Barat (DPA) Biro Kesra dengan pagu dana sebesar empat miliar tiga ratus juta rupiah. Total 4,8 miliar termasuk hibah pelepasan tanah,” beber Yan Piet Moso,S.Sos.

Sementara itu Ketua FKUB Papua Barat, Pdt. Sadrak Simbiak, M.Th menjelaskan bahwa index kerukunan umat beragama di Indonesia, Papua Barat memperoleh nilai 82,1. Ini menunjukan toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Papua Barat masih terbilang tinggi.

Dari nilai toleransi yang terbilang tinggi itu, Pdt. Sadrak Simbiak kemudian mengajak seluruh umat beragama di Papua Barat untuk menjaga keseimbangan hidup bermasyarakat guna mewujudkan damai dan sejahtera di tanah Papua Barat.

“Saya berharap di tempat ini kita membangun kesejukan lintas umat beragama. Nilai yang lahir dari keluhuran diwujudkan bersama dalam kedamaian,” Tandas Ketua FKUB Papua Barat.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *