Pemprov Papua Barat Raih Juara II Penganugerahan Paritrana Award Tahun 2020

oleh -99 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Penganugerahan Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana) Award Tahun 2020 diberikan kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat, dengan raihan posisi sebagai juara II.

Pencapaian hingga memperoleh juara II, menurut Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan, bahwa bukan sebuah target yang harus dikejar, namun lebih kepada upaya pemerintah daerah untuk melindungi para pekerja formal maupun informal, bahkan honorer melalui jaminan kesehatan.

“Target kita memberikan perlindungan kepada para pekerja formal dan informal termasuk honorer. Tahun 2019 kita dapat urutan 3, tahun 2020 urutan 2, ternyata ada yang belum kita lakukan semua,” tutur Dominggus Mandacan, Sabtu (25/9/2021).

Dibalut rasa syukur, Gubernur lalu memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan, yang telah berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam melindungi para pekerja dengan jaminan kesehatan.

Lanjut kata Dominggus, sudah menjadi kewajiban bagi setiap perusahan untuk melindungi karyawannya dengan BPJS Ketenagakerjaan. Apalagi kata Gubernur, ditengah Pandemi Covid-19 tentunya pemerintah daerah telah melakukan refocusing anggaran guna menangani kesejahteraan para pekerja melalui program tali asih,” jelas Kepala Suku Besar Arfak Papua Barat.

Mantan Bupati Manokwari Dua periode itu kemudian berjanji agar para pegawai honorer di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota harus mendapat jaminan kesehatan dari BPJS Ketenagakerjaan. Oleh sebab itu, akan dilakukan sosialisasi dan edukasi secara berjenjang.

“Pandemi covid-19 ada refocusing anggaran terutama kami di provinsi. Kami juga punya program tangan kasih kepada pekerja formal dan informal di tahun 2020 dan 2021 ditambah disabilitas dan lintas agama, total sebanyak 53.066 orang,” tambah Dominggus.

Sementara itu Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Zainudin mengaku sejauh ini dukungan pemerintah daerah dalam mengakomodir para pekerja untuk mendapatkan jaminan kesehatan sangatlah baik, sehingga tidak dapat di pungkiri bahwa komunikasi dan koordinasi akan terus dibangun secara intens, agar para pekerja di wilayah Papua Barat dapat terlindungi dengan BPJS Ketenagakerjaan.

“Sekarang sudah ada inpres yang lahir terinspirasi dari Papua Barat. Intinya mendorong semakin banyak orang terlindungi. Kami tidak bisa kerja sendri, terimakasih Bapak Gubernur bersama jajaran mendukung luar biasa,” terang Zainudin.

“Kami tim dari pusat, kami siap menjadi bagian dari Papua Barat Provinsi pertama universal covereage.

Dalam laporan Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan wilayah Banuspa, Toto Suharto menjelaskan, bahwa penghargaan ini tentunya menunjukan adanya peningkatan yang sangat baik dalam melindungi para pekerja, sebagai bentuk apresiasi terhadap ancaman resiko yang akan dihadapi oleh karyawan.

“Kami laporkan kepada Bapak Gubernur dua juara diraih kategori pemerintah kota dan kabupaten. Pemprov meraih juara 2 dalam kategori provinsi, ini adalah peningkatan,” ujar Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan wilayah Banuspa.

Penganugerahan Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana) Award Tahun 2020, diwarnai dengan penyerahan 1 Unit Mobil Kijang All New Innova Type G A/T kepada pemerintah Papua Barat secara simbolis, serta penyerahan bantuan santunan kematian senilai Rp.42 juta yang merupakan program tangan kasih kepada 4 orang ahli waris, yang secara langsung disaksikan oleh Kajati Papua Barat, Kepala Biro Kesra Setda Papua Barat, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Papua Barat, dan Kepala Badan Pusat Statistik Papua Barat.(PS-08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *