Rencana Pengembangan, Bupati : Infrastruktur Jalan Manokwari Akan Lebih Modern

oleh -86 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Tidak lama lagi, ibu kota Provinsi Papua Barat akan dihiasi dengan jalan lingkungan yang modern. Hal itu terbukti saat Bupati Manokwari Hermus Indou di dampingi Sekretaris Daerah, drg. Henri Sembiring dan pimpinan OPD terkait melakukan peninjauan terhadap beberapa titik ruas jalan lingkungan yang akan dikembangkan.

Dari hasil pantauan Jurnalis PapuaStar.com saat mengikuti kunjungan orang nomor satu di Kabupaten Manokwari pada Sabtu, 7 Agustus 2021, Peninjauan dilakukan di beberapa lokasi mulai dari Jl. Sowi Gunung tepatnya di belakang kantor Bupati Manokwari, Jl. Trikora Wosi, Jl. Yosudarso, Jl. Makaleuw, Jl. Brawijaya, hingga jalan menuju kawasan hutan lindung.

Bupati Hermus Indou kepada awak media mengatakan bahwa rencana pengembangan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas infrastruktur khususnya di sektor transportasi agar lebih memadai. Mengingat, Manokwari sebagai ibu kota provinsi dan sekaligus menjadi ikon peradaban religi di tanah Papua, sehingga sudah sepatutnya dilakukan perubahan kearah yang lebih baik.

Alasan lain yang menjadi pertimbangan yakni, tingginya moda transportasi darat yang semakin berkembang, sehingga membutuhkan akses jalan yang mampu menjawab kebutuhan tersebut.

“Kenapa perlu dikembangkan, pertama bahwa kapasitas dan kualitas infrastruktur kita sudah tidak memadai dan menjawab kebutuhan Manokwari sebagai pusat peradaban di tanah Papua dan juga sebagai ibu kota provinsi,” ungkap Bupati Manokwari, Sabtu (7/8/2021).

Sesuai hasil kunjungannya, Bupati optimis terhadap rencana pengembangan infrastruktur jalan lingkungan dalam kota Manokwari akan segera dibuatkan master plan. Yang kemudian dimuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Beberapa titik yang sudah kita sepakati hari ini segera diselesaikan, mulai dari master plannya. Harapan kita, tahun ini semua sudah termuat dalam RPJMD periode 2021-2026,” tambahnya

Bupati menginginkan agar lokasi jalan lingkungan yang telah di tinjau, akan menjadi ikon baru di kota peradaban religi di tanah Papua ini.

“Infrastruktur Manokwari akan kita lakukan dalam bentuk modern,” harap Hermus.

Seperti diketahui, ruas jalan yang masuk dalam rencana pengembangan infrastruktur di tahun 2022 mendatang yakni, ruas jalan penghubung kantor Bupati dengan kampung Soribo. Selain itu, ruas jalan dari Mako Sat Brimob menuju kantor Bupati dan menuju Jl. Abraham O. Atururi.

Peningkatan jalan dua jalur juga akan di buka pada ruas Jl. Sujarwo Condronegoro yang nanti akan menghubungkan Jl. Trikora Wosi dan jalan lingkar pantai wosi hingga ke arah bandara. Sementara, akses jalan dua jalur juga akan di buka dari simpang Makaleuw menuju kampung Insifury, dan ada juga jalan lingkar dua jalur ke kawasan gunung meja.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *