Rolly Kasamilale Nahkodai Ikatan Keluarga Teluk Elpaputih Kabupaten Manokwari

oleh -153 Dilihat

MANOKWARI, PapuaStar.com – Ikatan Keluarga Besar Teluk Elpaputih kabupaten Manokwari akhirnya memiliki kepengurusan yang sah, melalui pelantikan yang dilaksanakan di Gedung Sekolah Minggu Wijk Aspek Manokwari, oleh Ketua Kerukunan Keluarga Ambon Maluku Tengah (KKAMT) Romer Tapilatu, Sabtu (9/7/2022).

Pelantikan tersebut diawali dengan ibadah bersama yang dipimpin oleh Pdt. Rut Emanratu. Hadir dalam acara pelantikan itu, Ketua KKAMT, Sesepuh masyarakat Maluku, dan Ketua DPD Maluku Satu Rasa Salam Sarane (M1R-SS) Indonesia provinsi Papua Barat.

Dalam sambutannya, Ketua KKAMT Kabupaten Manokwari Romer Tapilatu mengingatkan kepada Ikatan Keluarga Besar Teluk Elpaputih untuk menjadi pelayan ditengah kemajemukan suku-suku Maluku maupun Nusantara dan suku asli Papua yang ada di kabupaten Manokwari.

Sebab menurutnya yang menjadi kekuatan orang Maluku adalah memaknai dan melaksanakan semboyan ‘Ale Rasa Beta Rasa’.

“Banyak orang Maluku di Manokwari dengan jumlah sedikitnya 50 kerukunan kampung. Keberadaan kerukunan kampung ini harus menjadi bagian untuk melayani sesama. ‘Ale Rasa, Beta Rasa’ semboyan ini harus dimaknai oleh seluruh orang Maluku maka tidak ada yang bisa menghancurkan kekeluargaan orang Maluku, karena tidak ada semboyan didaerah manapun sekuat semboyan orang Maluku,” ujar Romer Tapilatu.

Hidup berdampingan akan lebih harmonis jika kerukunan yang terjalin dapat dijalankan dengan baik atas asas kekeluargaan.

“Yang menjadi tantangan kita adalah apakah kehidupan kita mengarah ke semboyan itu. Sudah seharusnya kita memaknai itu semua, karena ketika kita ada di tanah Papua, maka kita harus menjadi berkat bagi tanah ini,” sambungnya.

Sejalan dengan itu, sebagai ketua terpilih Ikatan Keluarga Besar Teluk Elpaputih di kabupaten Manokwari, Rolly Kasamilale berpesan kepada seluruh pengurus untuk segera melaksanakan tugas-tugas organisasi merangkul dan membina masyarakatnya.

Sebab pelantikan ini bukan seremonial saja, namun menjadi tonggak sejarah bagi masyarakat Teluk Elpaputih di kabupaten Manokwari agar dirawat dan dijaga sehingga menjadi wadah kekeluargaan bagi generasi yang akan datang.

“Sebagai ketua terpilih, saya mengaku bangga dengan perisitiwa pelantikan ini. Karena dalam catatan saya, kerukunan ini hadir sudah hampir 12 tahun lalu, namun dalam perjalanannya hanya sebatas saling kenal. Oleh sebab itu, dengan pelantikan hari ini menjadi ikatan yang kuat bagi seluruh masyarakat Teluk Elpaputih yang ada di Manokwari untuk menjadi kerukunan yang harmonis dan hidup berdampingan. Rekan-rekan pengurus yang baru saja dilantik, secepatnya dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai amanat organisasi,” pungkas Rolly.

Pelantikan Ikatan Keluarga Besar Teluk Elpaputih kabupaten Manokwari ditutup dengan lantunan lagu “Gandong” sebagai tali pererat persaudaraan.(PS-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *